Monday, March 27, 2017

Contoh Proposal Bisnis "Pizza Yummy"

KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah S.W.T yang telah memberikan karunianya dan nikmat sehat sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas “Prpoposal Bisnis” ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kemudian shalawat beserta salam kami sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
Proposal ini merupakan salah satu tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Teknologi Informasi di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati. Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Toto Subroto, S.Si., M.Pdselaku dosen mata kuliah Teknologi Informasi. Harapan penulis semoga proposal ini dapat diterima dan bermanfaat bagi pembaca.
Demikianlah proposal ini kami buat, semoga proposal ini diterima dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Semoga saja proposal yang kami buat ini mendapat sambutan baik dari masyarakat karena ini adalah awal dari usaha kami. Dengan berakhirnya proposal ini, kami berharap dapat segera merintis bisnis ini untuk mencapai kesuksesan seperti yang kami harapkan. Kritik dan saran sangat diharapkan bagi proposal ini, karena proposal ini sangat jauh dari kata sempurna. Karena itu, demi kesempurnaan dari proposal ini sangat diperlukan baik itu kritik maupun saran. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terimakasih.



Cirebon,     Januari 2017

Penulis

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Visi Usaha
C.     Misi Usaha
BAB II PIZZA YUMMY
A.     Analisis Swot
B.     Marketing Mix
BAB III MARKETING
A.     Target Pasar
B.     Segmentasi Pasar
C.     Strategi Pemasaran
D.     Analisis Kompetitor
E.     Analisis Sumber Daya Manusia
BAB IV ANGGARAN
A.     Biaya Bahan
B.     Biaya Peralatan
C.     Bahan Baku Pembantu
D.     Break Event Point (BEP)
BAB V PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.     Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN






BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Di zaman yang serba modern dan pesatnya perkembangan teknologi, sebagian besar orang selalu mencari makanan dan jajanan yang akan dimakannya. Tetapi bagi sebagian masyarakat ekonomi menengah ke bawah sepertinya tidak terlalu memperhatikan makanannya, maksudnya tidak seperhatian masyarakat ekonomi menengah ke atas. Karena masyarakat tersebut memilih makanan yang penting enak, murah, dan cepat didapat. Mereka tidak terlalu memikirkan tentang kandungan yang terdapat di dalam makanan itu, sungguh berbeda dengan masyarakat yang ekonomi menengah ke atas yang semuanya serba diperhatikan.
Untuk itulah kami tertarik mengembangkan usaha pizza, salah satu makanan favorit banyak orang yang hampir dapat ditemui di setiap tempat dan di setiap daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa pizza adalah sangat enak dan lezat dan memiliki banyak penggemar. Mengingat potensial keuntungan yang bisa diraih cukup besar.  Dari alasan itulah kami ingin mengembangkan usaha pizza ini yang kami beri nama “Pizza Yummy”. Harganyapun sangat terjangkau, sehingga mudah di jangkau oleh masyarakat. Kandungan gizi yang terdapat pada bahan pembuatan pizza sangat baik dikonsumsi oleh masyarakat. Dan lebih penting lagi, kami akan memperkenalkan produk lokal ini supaya banyak di gemari dari kalangan kanak-kanak hingga dewasa.
B.     Visi Usaha
Mempromosikan produk yang bermutu dan digemari oleh kalangan masyarakat. Serta mengangkat produk lokal kepada masyarakat luas agar lebih mengenal”.

C.    Misi Usaha
1.      Meningkatkan produk-produk yang baru yang memanfaatkan bahan baku daerah Indramayu.
2.      Meningkatkan mutu produk agar produk dapat dikenal oleh masyarakat.
3.      Menghasilkan berbagai produk yang memiliki kualitas dan mutu yang terjamin.
4.      Menjadikan usaha ini sebagai peluang usaha yang memberikan manfaat atau keuntungan yang terbaik.

BAB II
PIZZA YUMMY


A.    Analisis Swot
Dalam setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing. Yaitu dengan cara melalui analisis SWOT :
1.      Strenght (Kekuatan)
Keunggulan dari Pizza Yummy diantaranya:
ü  Harganya yang ekonomis
ü  Baik dikonsumsi untuk semua kalangan masyarakat
ü  Cara pembuatannya mudah
ü  Bebas dari bahan pengawet
ü  Memiliki banyak gizi
2.      Weakness (Kelemahan)
Dalam proses pembuatan suatu produk, pasti memiliki suatu kendala dan kelemahan dari suatu produk, ini diantaranya :
·         Sarana dan prasarana kurang lengkap
·         Produk mudah ditiru
·         Tidak bertahan lama
3.      Oportunity (Peluang)
Ø  Tempat strategis
Ø  Di daerah pedesaan belum banyak yang memproduksi produk ini
Ø  Harga yang ditawarkan kepada masyarakat terjangkau
4.      Treat (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah dari harga yang kami tawarkan.

B.     Marketing Mix
Dalam suatu usaha Marketing Mix dikenal dengan formula 4P, yaitu :
1.   Product (Produk)
2.   Price (Harga)
3.   Place (Tempat)
4.   Promotion (Promosi)

1.      Product (Produk)
Bahan yang diperlukan dalam pembuatan “Pizza Yummy” adalah :
v  Untuk kulit pizza yummy :
1.      ½ kg terigu cap Cakra 
2.      200 ml Air
3.      3 sendok makan minyak sayur
4.      1,5 sendok teh gula pasir
5.      5 gram (setengah sachet) femipan
v  Untuk isi pizza yummy :
1.      Saus Tomat
2.      Toping pizza yummy sesuai selera (bisa daging giling yang ditumis dengan bawang bombay, bawang putih, tomat, saus tomat, atau daging asap, daging ayam giling, sosis dsb)
3.      Keju Mozarella
v  Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan “Pizza Yummy” adalah :
1.      Kompor gas
2.      Oven
3.      Baskom
4.      Cetakan
5.      Loyang
6.      Penjepit roti
v  Alat-alat pembantu dalam pembuatan “Pizza Yummy” adalah :
1.      Gas
2.      Tas kresek
3.      Plastik pembungkus
4.      Pengepres makanan


v  Cara pembuatan “Pizza Yummy” sebagai berikut :
1.     Campur semua bahan kulit, uleni sampai kalis.
2.     Biarkan 15 menit sambil ditutup serbet.
3.     Kempeskan, bulatkan dan pipihkan membentuk lingkaran, tepinya agak ditinggikan.
4.     Oles saus tomat.
5.     Taburi topping.
6.     Taburi keju mozarela yang dioles tipis.
7.     Oven sampai matang.
2.      Price (Harga)
Harga sangat berpengaruh dengan laku tidaknya produk yang ditawarkan karena dengan harga yang ekonomis, kami yakin bahwa produk yang kami buat akan banyak peminatnya.
3.      Place (Tempat)
Sebelum mendirikan usaha, seorang wirausaha harus bisa menentukan letak tempat usaha yang strategis, mudah dalam memperoleh bahan baku, serta menentukan sasaran pasar yang dituju. Sehingga dapat memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pengusaha. Tempat yang kami buat yaitu di daerah jatibarang tepatnya di Jln. Mayor Dasuki no 34 Jatibarang-Indramayu.
4.      Promotion (Promosi)
Berdasarkan analisa peluang usaha, kami melakukan promosi di wilayah Jatibarang Indramayu, maka promosi yang tepat adalah menggunakan metode mulut ke mulut dan juga melalui brosur yang dibagikan kepada orang-orang yang berdatangan ke pasar jatibarang.






BAB III MARKETING

A.    Target Pasar
Kami berencana menjual produk secara offline maupun online sehingga pelanggan dapat memesan produk dengan mudah. Pemasaran offline langsung dating ke tempat yang beralamat di Jln Mayor Dasuki no 34 Jatibarang-Indramayu. Sedang pemasaran produk secara online kami lakukan dengan membuat website yang dapat diakses pelanggan kapanpun.
B.     Segmentasi Pasar
Target konsumen adalah  masyarakat di daerah sekitar dari semua golongan baik anak-anak, usia muda maupun tua.
C.    Strategi Pemasaran
Dalam penjualan dan pemasaran produk ini, ada beberapa strategi yang digunakan yaitu :
1.      Menetapkan harga yang relative murah agar dapat terjangkau oleh semua kalangan  masyarakat.
2.      Tempat penjualan yang strategis.
3.      Melakukan pelayanan yang terbaik, dan menerapkan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santu).
4.      Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen.

D.    Analisis Kompetitor
Pizza yummy memiliki keunggulan dalam rasa yang yummy dan harga yang ekonomis, terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah atas dan bawah. kualitas produk, yang tanpa bahan pengawet.
Selain itu karena belum banyak yang memproduksi produk kami di daerah pedesaan menjadikan produk kamu laris di pasaran. karena harga yang ekonomis menjadikan produk ini lebih terjangkau untuk semua kalangan, oleh karena itu produk kami dijamin memiliki prospek yang cerah dan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran.

E.     Analisis Sumber Daya Manusia
Dalam kegiatan Produksi perusahaan kami akan meningkatkan karyawan di bagian produksi ketika perusahaan berkembang sebanyak 1 orang dengan insentif sebesar Rp. 300.000,00 per bulan. hal ini dilakukan untuk mengimbangi pesanan produksi yang kian berkembang.
Pada bagian penjualan, perusahaan ini akan melakukan penambahan karyawan sebanyak 1 orang, dengan insentif sebesar Rp. 300.000 per bulan.
BAB IV
ANGGARAN

A.    Biaya Bahan

No.
Nama Barang
Banyak
Harga
1.
Tepung terigu cap Cakra
500 gram
Rp 20.000,-
2.
Air
200 ml
Rp 2.500,-
3.
Ragi
1 bungkus
Rp 1.500,-
4.
Garam
1 bungkus
Rp 700,-
5.
Saus tomat
-
Rp 5000,-
6.
Toping pizza
-
Rp 15.000,-
7.
Keju Mozarella
Rp 12.500,-
Jumlah
Rp 57.200,-


B.     Biaya Peralatan

No.
Nama Barang
Banyak
Harga
1.
Kompor gas
1 buah
Rp 200.000,-
2.
Oven
1 buah
Rp 350.000,-
3.
Baskom
1 buah
Rp 5000,-
4
Tabung gas
1 buah
Rp 125.000,-
5.
Cetakan
10 buah
Rp 5000,-
6.
Loyang
5 buah
Rp 5000,-
7.
Penjepit roti
2 buah
Rp 5000,-
Jumlah
Rp 695.000,-

C.    Bahan Baku Pembantu

No.
Nama Barang
Banyak
Harga
1.
Gas
-
Rp 30.000,-
2.
Tas kresek
2 pack
Rp 4000,-
3.
Plastik pembungkus
2 pack
Rp 4000,-
4.
Pengepres makanan
-
Rp 5000,-
Jumlah
Rp 43.000,-

D.    Break Event Point (BEP)
1.      Biaya penyusutan 5 tahun  = harga kompor gas + tabung gas + oven
                       5 x 365 Rp 200.000,- + Rp 125.000,- + Rp 350.000,- 
1825                    x 365  = Rp 700.000,-
                             1825 = Rp 383,50,-
2.     Biaya penyusutan 1 tahun = harga baskom + cetakan + loyang + penjepit roti + steples
                                                + centong
                                 1 x 365 = Rp 5000,- + Rp 5000,- + Rp 5000,- + Rp 5000,- + Rp 10.000,
                                                  + Rp 5.000,- + Rp 25.000,-
                                       365 = Rp 60.000,-                                        365 =  Rp 164,39

3.     Biaya penyusutan keseluruhan = Rp 383,50 + Rp 164,39 = Rp 547,89 = Rp 548,-
a.      Biaya akomodasi
Transportasi Rp 10.000,-
Pembuatan brosur + lebel Rp 5.000,-
Upah letih Rp 20.000,-
Nota Rp 5.000,-
Air Rp 10.000,-
Penyusutan Rp 548,- +
Total Rp 50.548,-

4.     Perhitungan modal
                      = jumlah harga bahan + jumlah penyusutan + harga bahan pembantu
                      = Rp 53.200,- + Rp 548,- + Rp 16.000,- = Rp 69.748,-

5.     Perhitungan harga pokok = Jumlah biaya bahan + biaya akomodasi
                    Jumlah produksi Rp 53.200,- + Rp 50.548,- Rp 103.748,- = Rp 1.296,9080 80

6.     Perhitungan harga jual = (jumlah biaya bahan + biaya akomodasi) x 30%
Jumlah produksi Rp 37.185,- + (Rp 53.200,- + Rp 50.548,-) = Rp 1.762,- = Rp 2.500,-
7.     Perhitungan Rugi Laba
a.       Laba per hari = (Harga jual – harga beli) x 80 bungkus
                                 = (Rp 2.500,- - Rp 1.762,-) x 80 bungkus
                                 = Rp 738,- x 80
                                 = Rp 59.040,-
b.      Laba per bulan = Laba per hari x 30 hari
                                   = Rp 59.040,- x 30
                                   = Rp 1.771.200,-
c.       Laba per tahun = Laba per bulan x 12 bulan
                                  = Rp 1.771.200,- x 12
                                  = Rp 21.254.400,-
































BAB V
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Sebuah usaha yang baru harus mempunyai pondasi yang kuat agar mampu berdiri tegak melawan persaingan-persaingan pasar yang sangat ketat. Untuk itu promosi-promosi sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk dan memperkenalkan suatu produk ke masyarakat. Produk-produk yang dihasilkan juga harus selalu memberikan inovasi terbaru agar dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Melalui bisnis ini, penulis dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan serta dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan penulis tentang bagaimana cara berwirausaha yang baik dengan memperoleh keuntungan yang diharapkan.
Pizza yummy yang kami buat harga bahan bakunya terjangkau dan murah sehingga penulis yakin bahwa usaha ini akan laris dipasaran. Karena pizza merupakan makanan local yang harganya mahal dan tidak terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah bawah. Dengan pizza yummy yang harganya bersahabat masyarakat akan mengenal dan mampu membeli makanan yang tadinya ia tak mampu untu membelinya.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan proporsal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran, masukan yang dapat membangun agar penulis bisa memperbaiki kesalahan tersebut dan diharapkan ke depannya bisa lebih baik lagi.



LAMPIRAN-LAMPIRAN

1.      LOGO

2.      BROSUR



3.      DESAIN BAJU
Proposal Bisnis "Pizza Yummy" (Document) : Download


Silahkan mencoba gaesss, terimakasih sudah berkunjung, sudah subscribe chanel youtube saya dan terimaksih sudah mendownloadnya.. Karena berbagi itu indah gaesssss...


Previous Post
Next Post

Seorang lulusan sarjana pendidikan yang sekarang menjadi pengajar di salah satu satuan pendidikan dan seorang guru les di salah satu instansi. Serta sekarang mulai mejadi blogger.

1 comment:

  1. terimakasih untuk referensi nya. izin copas ya sist :)

    ReplyDelete