Tuesday, March 28, 2017

Laporan PPL SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon 2016

LAPORAN HASIL KEGIATAN

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

TAHUN AKADEMIK 2016/2017
            


NAMA           : WIDIAWATI
NPM               : 113070075
PRODI           : PENDIDIKAN MATEMATIKA
                                                        


UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2016



KATA PENGANTAR



Assalamualaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah, segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis berada dalam keadaan sehat walafiat dan dapat menyelesaikan laporan program pengalaman lapangan. Laporan ini penulis buat berdasarkan hasil pengamatan,wawancara dan pengalaman langsungselama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
Laporan ini merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa FKIP prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menyelesaikan studinya, sehinga kelak dari pengalaman ini dapat menambah pengalaman dan wawasan yang lebih luas, serta dapat menciptakan nuansa yang lebih baru.
Keberhasilan penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak, baik secara individu maupun secara umum, terutama bimbingan dan pengarahan yang tulus da ikhlas dari pembimbing. Untuk itu penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada :
1.      Bapak Prof. Rochanda Wiradinata, M.P., selaku Rektor Unswagati Cirebon.
2.      Bapak Prof. Dr. H. Abdul Rozak, M.Pd, selaku Dekan FKIP Unswagati Cirebon.
3.      Ibu Cita Dwi Rosita, M.Pd., selaku ketua jurusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon.
4.       Ibu Hj. Sobihah Rasyad, Dra., M.Pd., selaku ketua UPT PPL Kependidikan FKIP Unswagati Cirebon.
5.      Ibu Ratna Muntiningsih, S.Pd., M. Hum., selaku dosen pembimbing selama kegiatan PPL.
6.      Bapak Imam Gozali, S.Pd, MM., selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
7.      Bapak Iwan Supriadi, S.Pd., selaku guru pamong yang memberikan bimbingan dan masukan yang sangat bermanfaat selama kegiatan PPL di SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon.
8.      Bapak dan Ibu Guru beserta Staf Tata Usaha SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
9.      Siswa dan Siswi SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, khususnya siswa-siswi Kelas VIII E.
10.  Orang Tua, yang telah memberikan doa, motivasi dan dukungan kepada penulis.
11.  Rekan-rekan Mahasiswa PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
Kepada semua pihak yang telah membantu, penulis tidak tidak bisa membalas jasa yang telah diberikan. Hanya kepada Allah jualah, kami berserah diri. Semoga semua apa yang telah diberikan mendapat balsan yang sesuai.
Penulis menyadari dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laopran ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penulis sendiri dan orang lain pada masa yang akan datang.
Wassalamualaikum Wr.Wb.






Cirebon,     November 2016


           Praktikan,




WIDIAWATI
NPM. 113070075





DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR ......................................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Aktivitas Guru .................................................................................................... 2
B.     Aktivitas Siswa ................................................................................................... 2
C.     Kegiatan Belajar Mengajar ................................................................................. 3
D.    Materi Pembelajaran ........................................................................................... 3
BAB II PELAKSANAAN PPL KEPENDIDIKAN
A.    Kegiatan Awal PPL Kependidikan .................................................................... 4
B.     Kegiatan Pembelajaran ....................................................................................... 4
1.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .............................................................. 5
2.      Proses Kegiatan Belajar Mengajar ................................................................ 5
3.      Hubungan Dengan Siswa ............................................................................. 7
4.      Hubungan Dengan Guru ............................................................................... 8
5.      Evaluasi Pembelajaran................................................................................... 8
C.     Kegiatan Akhir PPL Kependidikan .................................................................... 8
D.    Kegiatan Lain ..................................................................................................... 9
BAB III HASIL PPL KEPENDIDIKAN
A.    Bidang Pengetahuan ........................................................................................... 11
B.     Bidang Keterampilan .......................................................................................... 12
BAB IV PERMASALAHAN
A.    Hambatan yang dihadapi dalam Melaksanakan PPL Kependidikan................... 14
B.     Upaya Untuk Mengatasin Hambatan-hambatan ................................................. 14
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan ......................................................................................................... 16
B.     Saran                                                                                                                      16
LAMPIRAN-LAMPIRAN    



BAB I
PENDAHULUAN

           Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon memiliki berbagai program kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan dan menambah pengalaman mahasiswa sebagai pendidik maupun nonpendidik. Salah satu program dari Unswagati adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan adalah suatu program kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan mahasiswa FKIP Unswagati Cirebon yang mencakup observasi sekolah dan latihan mengajar maupun tugas kependidikan secara terbimbing dan terpadu dalam pembentukan profesi kependidikan. Tujuan dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri yaitu  diharapkan mampu melakukan kegiatan kependidikan dalam program ini bertujuan agar para praktikan memperolah pengalaman pendidikan di lapangan, sebaga upaya lembaga untuk membentuk tenaga-tenaga pendidik yang professional. Pengalaman yang diharapkan meliputi pengalaman pengetahuan, keterampilan, sikap profesionalisme, dan pengalaman menerapkan serta menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Adapun tujuan khusus yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa PPL adalah sebagai berikut :
1.         Menambah wawasan pengetahuan, baik teori maupun praktik pada bidang disiplin ilmu kependidikan;
2.         Menambah pengetahuan baik teori maupun praktik sesuai dengan program studinya;
3.         Dapat melakukan proses belajar-mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan profesi seorang guru;
4.         Mengembangkan etika-etika keguruan sesuai dengan tuntutan seorang guru/tenaga kependidikan yang profesional.
        Dari  tujuan tersebut, praktikan mencoba untuk menyampaikan pengalaman praktikan selama melaksanakan program PPL kependidikan, melalui refleksi berbagai unsur pembelajaran yaitu diantaranya adalah guru-guru, murid, interaksi pembelajaran dan materi pembelajaran yang ada  di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.



A.       Aktivitas Guru
Kegiatan belajar mengajar di SMP Islam Al-Azhar 5 kota Cirebon dimulai pada pukul 06.45 WIB dengan diawali mengaji (tadarus al-qur’an) disetiap kelas selama 15 menit. KBM berlangsung selama 40 menit dalam satu jam pelajarannya. Pada pukul 09.40 WIB siswa beserta guru wajib melaksanakan sholat dhuha bersama di mesjid sebelum istirahat, dan untuk siswi yang sedang berhalangan shalat, mereka berkumpul di laboratorium agama untuk melaksanakan keputrian yang di isi oleh guru yang bertugas. Selain mewajibkan sholat dhuha bersama di sini juga mewajibkan untuk sholat duhur berjamaah sebelum istirahat pada pukul 11.50 WIB. KBM berakhir pada pukul 14.00 WIB. Setiap hari sabtu khusus guru-guru melaksanakan senam bersama di lapangan.
Aktifitas utama guru selain sebagai pendidik juga sebagai pengajar sehingga tujuan pendidikan nasional dapat terwujud. Selain itu guru juga dituntut untuk  :
1.      Mengintensifkan pelajaran di kelas dengan memanfaatkan waktu belajar sebaik-baiknya sehingga target kurikulum tercapai.
2.   Selektif dalam memberi izin pada siswa yang meninggalkan kelas, bagi guru yang mendapat tugas piket.
3.   Mengelola kelas dengan baik sehingga KBM dapat teratur sesuai dengan RPP.
4.   Menjelaskan materi yang akan diajarkan dengan semaksimal mungkin.

B.        Aktivitas Siswa
Aktivitas siswa selain kegiatan belajar yaitu kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada hari sabtu pukul 10.30 – 11.50 WIB. Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik utnuk mengembangakan dan mengespresikan diri sesuai kebutuhuan , bakat, minat seriap peserta didik di SMP Islam Al-Azhar 5 kota Cirebon. Terdapat 2 ekstrakurirkuler yang wajib di ikuti oleh siswa dan siswi, yaitu PMR dan Pramuka. Serta bermacam –macam ekstrakurikuler lainnya yang salah satunya dapat di pilih siswa di antaranya :
1.         Basket
2.         Futsal
3.         Seni tari
4.         Marawis
5.      MTQ
6.      Enghlis club
7.      Math club
8.      Tata boga
9.      Karate dan masih banyak lagi.
Selain kegiatan ekstrakurikuler siswa siswi di SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon juga setiap hari Jumat setelah melakukan shalat Jumat untuk siswa laki-laki, dan shalat duhur untuk perempuan semua siswa melaksanakan bina islami, yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali dan di isi oleh setiap kelas yang sudah dijadwalkan. Kegiatan bina islami itu merupakan kegiatan yang di laksanakan siswa, seperti mempentaskan drama yang bermuatan islami dan mengandung nila- nilai moral.

C.          Kegiatan Belajar Mengajar
Dalam melakukan KBM praktikan harus mempersiapkan berbagai persiapan, seperti RPP, media pembelajaran dan lain sebagainya. Praktikan berusaha semaksimal mungkin melaksanakan metode pembelajaran, strategi dan teknik sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat dan disusun serta melakukan pendekatan dengan siswa agar mereka mempunyai perhatian terhadap pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar akan terlaksana dengan efektif ketika siswa berperan aktif juga dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.

D.          Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa oleh sebab itu praktikan harus menguasai materi yang akan diajarkan, selain itu praktikan juga harus bisa menyajikan materi tersebut dengan terperinci dan jelas, agar materi tersebut dapat tersampaikan kepada siswa dengan benar. Sehingga dapat mencapai petensi yang telah di rencanakan. Dalam menyajikan materi praktikan menyesuaikan dengan format rencana pelaksanaan pembelajaran. Dan bersumber dari buku paket matematika untuk SMP Kelas VIII yang di karang oleh M. Cholic Adinawan Sugino penerbit erlangga, dan berbagai sumber lainnya seperti buku-buku yang ada di perpustakaan dan dari internet atau BSE.
BAB II
PELAKSANAAN PPL KEPENDIDIKAN

A.    Kegiatan Awal PPL Kependidikan
Pada hari Selasa, 02 Agustus 2016 diselenggarakan penyerahan praktikan kepada SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon yang berada di Jalan Kampung Melati 07 Kesambi Kota Cirebon yang memiliki bangunan yang layak untuk dilaksanakan KBM. Dosen yang menyerahkan kami ke sekolah dari kampus Unswagati yaitu Ibu Ratna Murtiningsih, S.Pd.,M.Hum,  para praktikan langsung disambut dan diterima langsung oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakasek kurikulum dan para guru yang akan menjadi guru pamong kami saat disana. Hari itu kami hanya memperkenalkan diri dan sedikit diberikan informasi saja tentang peraturan yang ada di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
Pada hari Rabu, 03 Agustus 2016 kami melaksanakan sosialisasi terkait pengenalan lingkungan sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon dan juga diperkenalkannya kami kepada guru-guru lainya, mulai dari staf tata usaha, staf perpustakaan, guru BK dan guru mata pelajaran lainnya yang ada di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon oleh Siti selaku wakasek kurikulum.
Pada minggu pertama di sekolah, kami diberi kesempatan untuk mengenal setiap sudut sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Selain observasi lingkungan hari itu juga kami melakukan observasi tentang kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler, kegiatan yang rutin dilaksanakan di sekolah tersebut dan lain sebagainya.  Tidak hanya itu kami juga diberikan informasi mulai dari cara menjadi guru piket, petugas perpustakaan dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.

B.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan PPL merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa-mahasiswi untuk menyelesaikan tugas akhir. Dalam hal ini mahasiswa-mahasiswi diterjunkan kesekolah untuk memperoleh pengalaman pembelajaran langsung di lapangan, memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan dalam mengajar serta yang lainnya. Berikut ini adalah laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan penulis sebagai praktikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
1.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP adalah sebuah rencana awal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Manfaat pembuatan RPP ini adalah agar seorang guru dapat menjalankan dan mengatur kegiatan belajar mengajar di kelas secara terarah, baik, sistematik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dirancang sebagai pedoman praktikan mengenai apa saja yang harus dilakukan di dalam kelas maka dibuatlah RPP. RPP tersebut dibuat setiap kali akan mengajar atau setiap kali pertemuan.
Selama pelaksanaan PPL kependidikan, praktikan diberikan ketentuan dengan melakukan minimal 12 kali pertemuan mengajar dan minimal 8 RPP yang dibuat selama PPL berlangsung di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.

2.      Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah kegiatan yang paling utama dalam pelaksanaan PPL dan dibimbing oleh guru pamong di sekolah tempat praktikan melaksanakan PPL. Dalam bimbingan tersebut praktikan diharapkan menjadi calon guru atau calon tenaga kependidikan lain yang profesional. Dalam PPL kependidikan ini dimana jadwal kegiatan belajar mengajar dijelaskan dalam tabel di bawah ini:
            Kegiatan PPL Kependidikan, proses KBM sebagai berikut:
Pertemuan
ke-
Hari  / Tanggal
Jam
Materi
Kelas
1
Kamis/18–08–2016          
5–6
Bab 2 Relasi dan Fungsi
-      Pengertian Relasi
-      Menyatakan Relasi
VIII E
2
Senin/22–08– 2016
3–4
-      Pengertian fungsi
-      Domain, kodomain, dan range fungsi
VIII E
3
Kamis/25–08–2016
5–6
-       Notasi, rumus, dan nilai fungsi
VIII E
4
Senin/29–08–2016
3–4
-        Korespondensi satu-satu
VIII E
5
Kamis/01–09–2016
5–6
Ulangan Harian ke-2 Bab Relasi dan Fungsi
VIII E
6
Senin/05–09–2016
3–4
-          Membahas soal ulangan harian
VIII E
7
Kamis/08–09–2016
5–6
Bab 3 Persamaan Garis Lurus
-      Pengertian gradien
-      Menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
VIII E
8
Senin/12–09–2016
3–4
-    sifat-sifat gradien garis lurus
VIII E
9
Kamis/15–09–2016
5–6
Persamaan Garis Lurus
-       Persamaan garis melalui titik (x1,y1) dan bergradien m
VIII E
10
Senin/19–09–2016
3–4
-      Persamaan garis melalui  titik A(x1,y1) dan B(x2,y2)
-      Menggambar grafik persamaan garis lurus
VIII E
11
Kamis/22–09–2016
5–6
Review materi persamaan garis lurus
VIII E
12
Selasa/27-09-2016

Ujian Tengah Semester (UTS)
VIIIE
13
Selasa/04–10–2016
7–8
Membahas soal UTS
VIIIE
14
Kamis/06–10–2016
3–4
Ulangan harian ke 3 Bab Persamaan Garis Lurus
VIIIE
15
Selasa/11–10–2016

7–8
Bab 4 Sistem persamaan linear dua variabel
-    Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
-    Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
VIII E
16
Kamis/13–10–2016
3–4
-    Menyelesaikan SPLDV dengan metode grafik
VIII E
17
Selasa/18–10–2016
7–8
-    Menyelesaikan SPLDV dengan metode gabungan eliminasi-substitusi
VIII E
18
Kamis/20–10–2016
3–4
-    Penerapan SPLDV
VIII E
19
Selasa/25–10–2016
7–8
Ulangan harian ke-4 Bab SPLDV
VIII E
20
Kamis/27–10–2016
3–4
Bab 5 Teorema Pythagoras
-    Pembuktian teorema Pythagoras
-    Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui (Ujian PPL)
VIII E

3.      Hubungan Dengan Siswa
         Siswa-siswi SMP Islam Al Azhar  pada umumnya aktif dan kreatif. Rasa ingin tahunya juga sangat besar, ini semua tercermin dari apa yang mereka lakukan didalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
         Pada saat praktikan melaksanakan kegiatan PPL Kependidikan, siswa-siswi tersebut menyambut baik para praktikan yang akan melaksanakan kegiatan PPL Kependidikan di sekolah mereka. Siswa-siswi tersebut memiliki tingkah laku dan sopan santun yang baik terhadap guru-guru maupun teman-teman di lingkungan sekolahnya. Walaupun ada satu atau dua orang siswa di kelas tersebut yang selalu mencari perhatian dan ingin diperhatikan, karena sesungguhnya karakteristik setiap anak atau siswa di dalam kelas berbeda-beda. Untuk mengatasi hal tersebut, praktikan mencoba untuk mendekati siswa-siswi itu dan memberikan perhatian terhadap mereka, dengan tujuan agar paraktikan dapat lebih dekat dengan siswa-siswi didalam kelas tersebut. Selain dengan cara tersebut, praktikan juga sesekali menyuruh siswa-siswi tersebut untuk mengerjakan soal di depan kelas dengan tujuan agar siswa-siswi tersebut berani untuk mencoba mengerjakan soal di depan kelas dan mereka juga bisa aktif di dalam kelasnya.
         Perbedaan karakteristik anak didalam kelas membuat kita berlatih untuk lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatunya. Memang seusia mereka adalah masa-masanya seperti itu. Namun, selagi tingkah laku mereka masih dalam batas kewajaran, biarkanlah mereka bebas untuk memilih dan menentukan jati dirinya sendiri. Kita sebagai pendidik harus terus membimbing siswa tersebut agar sifat dan pola pikir mereka berkembang kearah yang positif.
4.      Hubungan Dengan Guru
         Hubungan dengan guru-guru di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon selama praktikan melaksanakan PPL Kependidikan tidak mengalami kendala dan hambatan yang serius. Walaupun pada awalnya para praktikan merasa canggung untuk komunikasi dengan guru-guru, tetapi dengan seringnya bertemu, maka secara tidak langsung terjadi komunikasi antara praktikan dan guru-guru, karena hubungan antara guru- guru di sekolah tersebut sangat terasa kekeluargaannya.

5.      Evaluasi Pembelajaran
              Evaluasi pembelajaran dilakukan dimana setelah praktikan menyelesaikan satu pokok bahasan. Namun evaluasi tidak hanya dilakukan setelah selesai satu pokok bahasan, tetapi bisa juga dilakukan setiap kali pertemuan yaitu setelah praktikan mengajar di kelas, untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap atau pemahaman siswa mengenai materi yang sudah diberikan oleh praktikan. Evaluasi pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan materi pembelajaran agar praktikan dapat mengetahui kekurangan siswa dalam penguasaan materi.

C.    Kegiatan Akhir PPL Kependidikan
Pada kegiatan akhir PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon antara guru pamong dan praktikan berkoordinasi untuk menentukan materi yang akan diujikan, jadwal dan pelaksanaan ujian PPL kependidikan.
1.      Pemilihan Materi
Materi yang akan diujikan adalah materi yang sesuai dengan silabus, materi ujian PPL kependidikan untuk program studi Matematika adalah “Pembuktian Teorema Pythagoras dan Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui”.
2.      Jadwal Ujian PPL Kependidikan
Setelah melaksanakan bimbingan antara guru pamong dan praktikan, akhirnya ujian PPL Kependidikan untuk program studi Matematika dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 pukul 08.20 WIB  pelajaran ke 3-4.


3.      Pelaksanaan Ujian PPL Kependidikan
PPL kependidikan program studi Matematika diuji oleh ibu Ratna Muntiningsih, S.Pd.,M.Hum,  ibu Sulistiawati,S.Pd.PKn dan  Bapak Dadang Hamdan, S.Pd. Pelaksanaan ujian PPL kependidikan berlangsung selama 80 menit.

D.    Kegiatan Lain
Selain kegiatan mengajar, praktikan juga melaksanakan tugas kependidikan yaitu:
1.      Kegiatan Upacara Bendera
Upacara bendera merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap praktikan PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 07:40 WIB. Pada hari Senin ketika tidak dilaksanakan upacara bendera, maka jadwal kewalikelasan. Karena SMP Islam Al Azhar hanya melaksanakan 1 kali upacara dalam dua minggunya.

2.      Kegiatan Layanan Perpustakaan
Tugas layanan perpustakaan yang dilakukan adalah membantu membuat data induk,, pengecapan, merapikan buku, dan penulisan nomor pada buku-buku baru maupun lama.

3.      Kegiatan Bimbingan OSIS
Kegiatan yang diikuti praktikan dalam bimbingan osis diantaranya membantu mencatat point pelanggaran dalam GDM (Gerakan Disiplin Murid), GDS(Gerakan Disiplin Shalat), dan ikut serta dalam perkemahan pelajar.

4.      Kegiatan BP/BK
Tugas yang diikuti praktikan dalam kegiatan BP/BK diantaranya membahas tentang permasalahan yang sering dihadapi siswa, pendataan/penjumlahan poin pelanggaran siswa, membantu merekap data pendidikan dan pekerjaan orang tua  siswa. Kegiatan BK yang diikuti praktikan tidak hanya itu saja. Praktikan juga diberikan pembelajaran BK seperti permainan – permainan BK yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang.


5.      Kegiatan Piket
Piket guru merupakan kegiatan di luar mengajar yang wajib dilakukan oleh seluruh praktikan PPL di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Kegiatan piket ini dilaksanakan secara bergilir dan tetap seminggu sekali sesuai jadwal mengajar yang kosong. Kegiatan piket dijadwalkan di luar kegiatan mengajar, dalam hal ini piket meliputi absen kelas 7-9, menggantikan guru apabila ada yang tidak hadir, mengoperasikan bel , menerima tamu, menyalin point pelanggaran yang dilakukan oleh siswa yang sebelumnya didata oleh anggota osis dan memberikan tugas ketika ada guru yang menitipkan tugas.

6.      Kegiatan Ekstrakulikuler
      Kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMP I Al Azhar adalah Pramuka dan PMR. Dan ekstrakurikuler lainya. Praktikan juga wajib ikut membimbing kegiatan ekstrakulikuler PMR dan juga Pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti mading, seni tari, tata boga, basket, English club dan banyak lagi. Setiap praktikan boleh memilih setiap minggunya untuk membimbing dikegiatan ekstrakurikuler mana. Praktikan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon ini mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR pada hari Rabu, Pramuka pada hari Jumat, kegiatan pengembangan diri pada hari Sabtu. kegiatan PMR dan pramuka dilaksanakan dari pukul 14:00 sampai dengan ashar kemudian dilanjut dengan shalat asar berjamaah. Dan praktikan ikut membimbing dalam kegiatan ekstrakulikuler

7.      Kegiatan Olah Raga Sekolah
Kegiatan olah raga sekolah yang diikuti oleh praktikan adalah senam bersama setiap hari sabtu yang rutin di laksanakan di sekolah.

BAB III
HASIL PPL PENDIDIKAN


Selama mengikuti PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon banyak yang diperoleh praktikan, hasil meliputi perolehan di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap. Melalui kegiatan PPL ini bagi para praktikan agar dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh agar menjadi guru yang profesional kelak:

A.    Bidang Pengetahuan
Dalam bidang pengetahuan praktikan dapat membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) dengan baik serta mengetahui adanya program tahunan, program semester yang kemudian program tersebut dapat diaplikasikan dan dijalankan dalam proses KBM, dan berbagai macam model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di dalam kelas agar terjadi proses KBM yang aktif, kondusif dan mencapai sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan juga, tidak hanya pengetahuan yang berkaitan dengan proses KBM saja yang praktikan dapatkan. Namun praktikan juga banyak sekali mendapatkan pengetahuan seperti :
1.      Praktikan dapat menambah wawasan pengetahuan baik teori dan praktik bidang disiplin ilmu kependidikan
2.      Praktikan dapat mengetahui bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas
3.      Praktikan dapat menambah pengetahuan baik teori dan praktik sesuai dengan program studi.
4.      Praktikan mengetahui kegiatan diluar proses pembelajaran
5.      Praktikan mengetahui kondisi sekolah tempat berlatih
6.      Praktikan mengetahui cara mengajar yang baik
7.      Praktikan mengetahui cara menangani siswa didalam kelas

B.     Bidang Keterampilan
Dalam bidang keterampilan, praktikan mendapat banyak teori dalam mengajar dari guru pamong, tidak hanya itu praktikan juga sudah mengetahui suasana yang sebenarnya yang ada di dalam kelas bersama siswa-siswa, sehingga semakin lama praktikan semakin terbiasa dan keterampilan mengajar serta keterampilan dalam mengelola kelaspun lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, sebelum praktikan melaksanakan PLL.
      Adapun pengalaman yang praktikan dapat selama kegiatan PPL Kependidikan dilakukan yaitu antara lain :
1.         Praktikan dapat melakukan proses belajar mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan profesi seorang guru
2.         Praktikan dapat memperoleh ketrampilan dasar mengajar yang baik
3.         Praktikan dapat menggunakan berbagai macam model dan media pembelajaran yang cocok untuk setiap materi yang akan diajarkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien
4.         Keterampilan berorganisasi
            Sedangkan keterampilan yang diperoleh secara tidak langsung yaitu:
1.      Keterampilan membuka dan menutup proses pembelajaran
2.      Keterampilan   dalam   mengkondisikan   siswa   dalam   proses pembelajaran
3.      Keterampilan berbicara di depan banyak orang
4.      Keterampilan bersosialisasi baik dengan siswa, sesama praktikan maupun dengan guru.
      Sehingga di bidang ini para praktikan mampu mempraktekkan cara memberi materi dan mengelola kelas yang baik yang akan disampaikan.  Dan kelak akan digunakan lagi ketika sudah berada di dunia kerja sebagai guru.

C.    Bidang Sikap
Seorang praktikan pasti bisa menentukan sikap dalam bersosialisasi terhadap murid, guru, dan staff  SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon dan sesama praktikan. Praktikan sangat banyak sekali mendapatkan pelajaran pada bidang sikap, karena di SMP Islam Al Azhar dituntut untuk memiliki sikap yang baik, seperti selalu mengucap salam dan bersalaman saat bertemu dengan sesama guru ataupun dengan murid, dan juga berada di lingkungan agamis, sehingga praktikan terbiasa untuk menjaga sikap.
Praktikan adalah calon seorang pendidikan masa depan. Dengan adanya kegiatan PPL kependidikan, para praktikan mendapat manfaat-manfaat tersebut. Manfaat-manfaat ini sebagai acuan praktikan agar kelak menjadi guru yang profesional yang mampu memfasilitasi murid untuk mendapatkan ilmu dan memiliki tata krama kesopanan yang baik pula. Menjadikan praktikan calon guru yang kreatif akan cara menyampaikan materi dan juga memiliki sikap yang tercermin sebagai seorang guru yang di gugu dan di tiru oleh muridnya.


BAB IV
PERMASALAHAN

Dalam kurang lebih tiga bulan praktikan melaksanakan kegiatan PPL ada banyak sekali permasalahan. Mulai dari permasalahan dari luar maupun dari dalam diri praktikan sendiri.

A.       Hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan PPL Kependidikan
Dalam melaksanakan kegiatan PPL Kegiatan, praktikan menghadapi beberapa hambatan, diantaranya:
1.      Hambatan dalam membuat perumusan rencana pembelajaran
Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar terlebih dahulu praktikan membuat rancana pembelajaran yang akan diprogramkan selama kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini praktikan mengalami hambatan pengumpulan bahan, memilih metode yang sesuai dengan materi, kegiatan inti selama proses KBM.
2.      Hambatan dalam proses KBM
Dalam proses KBM, praktikan mengalami hambatan lain:
1.      Dalam membuka pelajaran praktikan masih mengalami kesulitan dalam membuka pelajaran yang dapat menarik siswa dan menimbulkan motivasi untuk belajar.
2.      Karakteristik siswa yang beraneka ragam, sehingga susah kondusif selama belajar untuk diciptakan, akhirnya pengalokasian waktu tidak tercapai.
3.      Volume suara praktikan kurang, sehingga masih belum bisa menguasai kelas dan menjadikan kelas tenang dan kondusif
4.      Masih ada siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika itu membosankan dan sulit untuk dimengerti sehingga siswa tersebut malas dan tidak bersemangat untuk mempelajarinya.

B.        Upaya Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan
Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut diantaranya adalah:
1.      Berkonsultasi kepada guru pamong setiap akan mengajar, dan latihan sebelum mengajar, agar terbiasa untuk selalu terlihat bersemangat dalam mengajar. Karena ketika seorang guru bersemangat maka siswa pun akan ikut termotivasi untuk bersemangat belajar. Dan selalu meminta evaluasi, kritik serta saran kepada guru pamong. Agar praktikan dapat mengetahui apa saja kekurangannya.
2.      Selalu munculkan metode pembelajaran yang baru dan menarik untuk siswa, agar siswa dapat belajar secara kondusif, sehingga pengalokasian dalam penyampaiaan materi cukup.
3.      Belajar meningkatkan volume suara sedikit demi sedikit agar terbiasa dan dapat mengelola kelas dengan baik.
4.      Melakukan evaluasi diri sendiri dan mengahayati cara mengajar yang akan disampaikan pada siswa dengan cara menilai diri sendiri, baik itu yang berkaitan dengan sikap, penampilan dan bahasa merupakan upaya agar materi yang disampaikan oleh kita dapat dimengerti dengan mudah oleh siswa. Dan selalu bersikap menyenangkan di depan siswa agar siswa senang terhadap gurunya seperti membimbing siswa yang mengalami kesulitan selama mengikuti pembelajaran, sehingga siswa tidak sungkan untuk bertanya materi yang dipelajari.

BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Praktik Pengalaman Lapangan ialah suatu program kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan mahasiswa FKIP Unswagati Cirebon yang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga pendidik yang profesional. Selama melakukan praktik mengajar, praktikan selalu berusaha tampil percaya diri dan penguasaan materi yang baik. Selama itu, selalu bersikap ramah dan sopan kepada guru maupun siswa serta semua pihak di sekolah. Melakukan pendekatan kepada siswa untuk lebih mengetahui karakter masing-masing siswa serta membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran matematika.
Banyak manfaat yang diperoleh praktikan khususnya dalam pengetahuan dan pengembangan diri untuk dapat menjadi guru yang profesional setelah mengikuti kegiatan PPL pendidikan ini. Sebagai manusia biasa, praktikan menyadari betul masih terdapat banyak kekurangan selama kegiatan PPL kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, maka dari itu praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk dapat meningkatkan kemampuan praktikan khususnya dalam bidang kependidikan.

B.     Saran
Setiap kegiatan tentunya tidak akan terlepas dari kekurangan meskipun terdapat banyak manfaat di dalamnya. Begitu pun dengan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan oleh praktikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon selama kurang lebih tiga bulan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, ada beberapa saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi praktikan ke depannya, UPT PPL Unswagati, maupun bagi SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
1.      Bagi Praktikan
Adapun saran bagi praktkan ke depannya, antara lain:
a.       Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikan diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri secara maksimal agar senantiasa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik.
b.      Sebaiknya praktikan selalu mencari referensi mengenai strategi dan metoe pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa maupun materi yang akan diajarkan agar penyampaiannya dapat diterima dan diserap oleh siswa secara efektif.
c.       Praktikan harus senantiasa meminta masukan dan koreksi, baik dari dosen pembimbing, maupun dari guru pamong PPL terhadap penampilan di kelas maupun terhadap rencana pengajaran yang telah dibuat.
d.      Praktikan harus mampu bersikap, berpenampilan, dan bertindak sebagaimana layaknya seorang guru yang profesional serta senantiasa memberikan teladan yang baik bagi siswa di dalam dan di luar kelas.
e.       Selalu berinovasi dalam mengembangkan metode pembelejaran yang dilakukan agar siswa tidak merasa bosan.

2.      Bagi Pihak Sekolah
Adapun saran untuk pihak sekolah, praktikan berharap agar kerja sama yang telah terjalin dapat terus berlangsung.

3.      Bagi Pihak Universitas
Saran untuk pihak universitas, praktikan berharap agar meningkatkan kualitas kegiatan PPL hingga mencapai keberhasilan yang maksimal dengan cara memberikan pengarahan dan bimbingan kepada praktikan secara kontinu baik sebelum pelaksanaan PPL maupun pada saat berlangsung PPL. Memberikan informasi yang terbaru dengan keadaan di sekolah terutama dalam masalah administrasi sehingga praktikan tidak merasa kebingungan dalam proses penyusunan administtrasi sekolah.

INSTRUMEN OBSERVASI
AKTIVITAS GURU DI KELAS

Sekolah                       : SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon
Kelas                           : VIII E
Jam Ke                        : 3 – 4
Mata Pelajaran            : Matematika
Pokok Bahasan/KD    : Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Praktikan                     : Widiawati
Hari, Tanggal              : Senin, 08 Agustus 2016

A.    Pendahuluan
Pembelajaran ini di buka dengan mengucapkan salam dan juga menyapa siswa. Kemudian melakukan kegiatan berdoa, mengabsen dan melakukan apersepsi. Kemudian memberikan soal pemanasan yang dikerjakan siswa selama tiga menit. Soal tersebut diberikan di setiap awal pembelajaran, untuk mengetahui pehamanan siswa pada pertemuan sebelumnya.

B.     Inti Pembelajaran
Sebelum menyampaikan materi guru menyampaikan imtaq terlebih dahulu, yaitu ayat al-quran yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Pada kegiatan inti pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk bertanya ketika guru telah menyampaikan materi mengenai hal-hal yang kurang dipahami. Guru juga mengajukan beberapa pertanyaan untuk dijawab siswa agar dapat mengetahui seberapa tingkat pemahaman siswa dalam materi yang telah di sampaikan tersebut. Pada pembelajaran guru memberikan penugasan.

C.     Kegiatan Penutup
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengulas kembali materi yang sudah diajarkan kemudian guru memberikan PR dan meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung. Pembelajaran di akhiri dengan mengucap salam dan berdoa.
Hal-hal yang berguna bagi praktikan :
1.      Praktikan dapat melihat secara langsung proses belajar dan mengajar di dalam kelas.
2.      Praktikan dapat mempelajari strategi pembelajaran yang digunakan guru mata pembelajaran.
3.      Praktikan dapat melihat dan memahami bagaimana cara guru tersebut melakukan pengelolaan kelas dengan baik, sehingga kelas dapat berlangsung secara kondusif.
4.      Praktikan dapat melihat bagaimana cara guru melakukan kegiatan pendekatan kelompok maupun personal.
5.      Praktikan dapat melihat bagaimana cara guru tersebut menerangkan atau menyajikan materi agar siswa memperhatikan.


INSTRUMEN OBSERVASI
AKTIVITAS SISWA DI KELAS

Sekolah                       : SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon
Kelas                           : VIII E
Jam Ke                        : 3 – 4
Mata Pelajaran            : Matematika
Pokok Bahasan/KD    : Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Praktikan                     : Widiawati
Hari, Tanggal              : Senin, 08 Agustus 2016

A.    Pendahuluan
Pembelajaran ini di buka dengan mengucapkan salam dan juga menyapa siswa. Kemudian melakukan kegiatan berdoa, mengabsen dan melakukan apersepsi. Kemudian memberikan soal pemanasan yang dikerjakan siswa selama tiga menit. Soal tersebut diberikan di setiap awal pembelajaran, untuk mengetahui pehamanan siswa pada pertemuan sebelumnya.

B.     Inti Pembelajaran
Siswa bersama-sama membaca ayat al-quran yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Pada kegiatan inti pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk bertanya ketika guru telah menyampaikan materi mengenai hal-hal yang kurang dipahami. Siswa mengerjakan tugas latihan yang diberikan oleh guru.
C.     Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran siswa menyimpulkan pembelajaran dan mencatat PR yang diberikan guru. Setelah pembelajaran selesai, siswa berdoa dan menjawab salam guru.
Hal-hal yang berguna bagi praktikan :
1.      Praktikan dapat mengetahui karakter siswa.
2.      Praktikan dapat mengetahui bagaimana kegiatan siswa di dalam kelas.
3.      Praktikan dapat mengamati cara siswa belajar.
4.      Praktikan dapat mengetahui model atau strategi pembelajaran apa yang dapat membuat siswa menyenangkan dan tidak jenuh pada saat belajar.



 INSTRUMEN
OBSERVASI DAN PENGENALAN LAPANGAN

Nama Sekolah             : SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon
Alamat                                    : Jln. Kampung Melati No. 7 Kesambi Cirebon
Nama Praktikan          : Widiawati
Program Studi             : Matematika

Kondisi Gedung dan Lapangan
                   
1.      Kondisi Gedung
Kondisi gedung di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon secara keseluruhan baik dan dilengkapi media pembelajaran yang cukup baik, sehingga membantu aktivitas belajar siswa di kelas. SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon merupakan sekolah yang cukup luas dengan kondisi bangunan utama yang masih tetap kokoh, sedangkan kondisi bangunan yang lainnya pun terus mengalami peningkatan sarana dan prasarana. Gedung sekolah sendiri terdiri dari ruang kelas, ruang TU, ruang UKS, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang BK, ruang OSIS, mushola dan lain sebagainya.

2.      Halaman Sekolah
Halaman sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon memiliki halaman yang cukup luas, dan strategis karena lokasinya berada di tengah-tengah dikelilingi bangunan sekolah. Halaman sekolah di sini memiliki banyak fungsi seperti digunakan sebagai tempat olahraga dan upacara para siswa beserta dengan guru SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.

3.      Pagar Sekolah
Tidak hanya halaman sekolah saja yang tertata rapih, tetapi pagar sekolahnya juga sudah tertata rapih dan berdekatan dengan ruang pos satpam, sehingga kemungkinan siswa untuk bolos saat jam pelajaran sangatlah sulit. Bagi siswa yang dating terlambat juga tidak akan masuk seenaknya. Pagar sekolah sangat baik sehingga keamanan dan ketertiban sekolah terjaga dan berwarna terang terlihat cerah.

4.      Penataan Bangunan
Penataan bangunan sangat teratur sesuai dengan penempatan fungsi bangunan di sekolah baik kelas maupun ruangan-ruangan lainnya. Penataan bangunannya pun sangat baik sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga terdapat perawatannya tertata rapih setiap saat.

5.      Kamar Kecil
      Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon ada beberapa kamar kecil. Kamar kecil untuk siswa, dengan membedakannya antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan untuk kamar kecil guru berada di dekat kantor guru. Selain itu terdapat kamar kecil di dekat musholah dan di dalam perpustakaan. Kamar kecilnya pun begitu nyaman dengan tingkat kebersihannya terjaga dengan baik.

6.      Kantin Sekolah
      Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon memiliki kantin yang berada di lingkungan sekolah. Kantin tersebut terletak di belakang sekolah. Kantin SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon sangat bersih, rapi dan sehat.

Ruang Kelas, Kantor dan Sumber Belajar

1.      Ruang Kelas
      Cukup nyaman dan luas untuk kegiatan belajar, dengan dilengkapi AC dan kipas angin yang dapat menambah kenyamanan, rak buku untuk siswa, serta infocus disetiap kelasnya.

2.      Keadaan Fasilitas Sekolah
      Sekolah menyediakan ruang khusus untuk multimedia, ruang komputer, dan beberapa laboratorium, seperti laboratorium IPA, laboratorium agama, laboratorium bahasa, laboratorium TIK untuk menunjang belajar para siswa. Fasilitas belajar di kelas juga cukup lengkap karena dilengkapi dengan penggunaan papan tulis, dengan dilengkapi media pembelajaran yang cukup maju seperti proyektor.
3.      Kantor Guru
      Kondisi kantor yang cukup luas dan penataan yang rapih membuat guru-guru menjadi merasa nyaman dan ditambah kesejukan dari AC.

4.      Alat Penunjang Pendidikan
      Fasilitas yang tersedia cukup memadai dan computer sudah cukup lengkap karena sekolah sudah memasang jaringan internet bagi siswa sehingga memudahkan para siswa sehingga memudahkan para siswa untuk menggunakan fasilitas internet dan computer dengan baik. Adanya berbagai macam laboratorium untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan baik.

5.      Sumber Belajar
      Keberadaan perpustakaan dengan buku-buku pelajaran yang cukup dan tersedia dengan baik memungkinkan para siswa tidak mengalami kesulitan ketika membutuhkan sumber belajar yang dibutuhkannya. 

Dokumentasi

Siswa-siswi kelas 8E
Siswi kelas 8E

All rekan PPL SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon 2016
Dari kiri: Siska Komala, Widiawati, Nurhidayat, Dana Fauziah, Ajeng Iis, Reni Aprilia












Previous Post
Next Post

Seorang lulusan sarjana pendidikan yang sekarang menjadi pengajar di salah satu satuan pendidikan dan seorang guru les di salah satu instansi. Serta sekarang mulai mejadi blogger.

0 Comments: