LAPORAN HASIL KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
NAMA : WIDIAWATI
NPM : 113070075
PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2016
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr.Wb.
Alhamdulillah, segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang
telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis berada
dalam keadaan sehat walafiat dan dapat menyelesaikan laporan program pengalaman
lapangan. Laporan ini penulis buat berdasarkan hasil pengamatan,wawancara dan
pengalaman langsungselama mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP
Islam Al Azhar 5 Cirebon.
Laporan ini merupakan salah satu syarat bagi setiap mahasiswa
FKIP prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menyelesaikan studinya,
sehinga kelak dari pengalaman ini dapat menambah pengalaman dan wawasan yang
lebih luas, serta dapat menciptakan nuansa yang lebih baru.
Keberhasilan penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan
serta arahan dari berbagai pihak, baik secara individu maupun secara umum,
terutama bimbingan dan pengarahan yang tulus da ikhlas dari pembimbing. Untuk
itu penulis menyampaikan rasa terimakasih kepada :
1. Bapak Prof. Rochanda Wiradinata, M.P., selaku Rektor Unswagati
Cirebon.
2. Bapak Prof. Dr. H. Abdul Rozak, M.Pd, selaku Dekan FKIP
Unswagati Cirebon.
3. Ibu Cita Dwi
Rosita, M.Pd., selaku ketua
jurusan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon.
4. Ibu Hj. Sobihah Rasyad,
Dra., M.Pd., selaku ketua UPT PPL Kependidikan FKIP Unswagati Cirebon.
5. Ibu Ratna Muntiningsih, S.Pd., M. Hum., selaku dosen pembimbing selama kegiatan PPL.
6. Bapak Imam Gozali, S.Pd, MM., selaku Kepala SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon.
7. Bapak Iwan Supriadi, S.Pd., selaku guru pamong yang
memberikan bimbingan dan masukan yang sangat bermanfaat selama kegiatan PPL di
SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon.
8. Bapak dan Ibu Guru beserta Staf Tata Usaha SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon.
9. Siswa dan Siswi SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, khususnya
siswa-siswi Kelas VIII E.
10. Orang Tua, yang telah memberikan doa, motivasi dan dukungan
kepada penulis.
11. Rekan-rekan Mahasiswa PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon.
Kepada semua pihak yang telah membantu, penulis tidak tidak bisa
membalas jasa yang telah diberikan. Hanya kepada Allah jualah, kami berserah
diri. Semoga semua apa yang telah diberikan mendapat balsan yang sesuai.
Penulis menyadari dalam penyusunan laporan ini masih banyak
kekurangan-kekurangan yang terdapat di dalamnya, untuk itu penulis mengharapkan
adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laopran ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna dan
bermanfaat bagi penulis sendiri dan orang lain pada masa yang akan datang.
Wassalamualaikum
Wr.Wb.
Cirebon, November 2016
Praktikan,
WIDIAWATI
NPM.
113070075
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN
PENGESAHAN
KATA PENGANTAR ......................................................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Aktivitas
Guru .................................................................................................... 2
B.
Aktivitas
Siswa ................................................................................................... 2
C.
Kegiatan
Belajar Mengajar ................................................................................. 3
D.
Materi
Pembelajaran ........................................................................................... 3
BAB II PELAKSANAAN PPL KEPENDIDIKAN
A.
Kegiatan
Awal PPL Kependidikan .................................................................... 4
B.
Kegiatan
Pembelajaran ....................................................................................... 4
1.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran .............................................................. 5
2.
Proses
Kegiatan Belajar Mengajar ................................................................ 5
3.
Hubungan
Dengan Siswa ............................................................................. 7
4.
Hubungan
Dengan Guru ............................................................................... 8
5.
Evaluasi
Pembelajaran................................................................................... 8
C.
Kegiatan
Akhir PPL Kependidikan .................................................................... 8
D.
Kegiatan
Lain ..................................................................................................... 9
BAB III HASIL PPL KEPENDIDIKAN
A.
Bidang
Pengetahuan ........................................................................................... 11
B.
Bidang
Keterampilan .......................................................................................... 12
BAB IV PERMASALAHAN
A.
Hambatan
yang dihadapi dalam Melaksanakan PPL Kependidikan................... 14
B.
Upaya
Untuk Mengatasin Hambatan-hambatan ................................................. 14
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
......................................................................................................... 16
B.
Saran 16
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
Universitas Swadaya Gunung Jati
Cirebon memiliki berbagai program kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan dan menambah
pengalaman mahasiswa sebagai pendidik maupun nonpendidik. Salah satu program
dari Unswagati adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan
adalah suatu program kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan mahasiswa FKIP
Unswagati Cirebon yang mencakup observasi sekolah dan latihan mengajar maupun tugas
kependidikan secara terbimbing dan terpadu dalam pembentukan profesi kependidikan.
Tujuan dari Program Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri yaitu diharapkan
mampu melakukan kegiatan kependidikan dalam program ini bertujuan agar para
praktikan memperolah pengalaman pendidikan di lapangan, sebaga upaya lembaga
untuk membentuk tenaga-tenaga pendidik yang professional. Pengalaman yang
diharapkan meliputi pengalaman pengetahuan, keterampilan, sikap
profesionalisme, dan pengalaman menerapkan serta menyelenggarakan pendidikan
dan pengajaran dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, baik di sekolah maupun
di luar sekolah. Adapun tujuan khusus yang diharapkan dapat dicapai oleh
mahasiswa PPL adalah sebagai berikut :
1.
Menambah wawasan
pengetahuan, baik teori maupun praktik pada bidang disiplin ilmu kependidikan;
2.
Menambah
pengetahuan baik teori maupun praktik sesuai dengan program studinya;
3.
Dapat melakukan
proses belajar-mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan profesi seorang guru;
4.
Mengembangkan
etika-etika keguruan sesuai dengan tuntutan seorang guru/tenaga kependidikan
yang profesional.
Dari
tujuan tersebut, praktikan mencoba untuk menyampaikan pengalaman praktikan
selama melaksanakan program PPL kependidikan, melalui refleksi berbagai unsur pembelajaran
yaitu diantaranya adalah guru-guru, murid, interaksi pembelajaran dan materi
pembelajaran yang ada di SMP Islam Al
Azhar 5 Cirebon.
A.
Aktivitas
Guru
Kegiatan belajar
mengajar di SMP Islam Al-Azhar 5 kota Cirebon dimulai pada pukul 06.45 WIB dengan
diawali mengaji (tadarus al-qur’an) disetiap kelas selama 15 menit. KBM berlangsung
selama 40 menit dalam satu jam pelajarannya. Pada pukul 09.40 WIB siswa beserta
guru wajib melaksanakan sholat dhuha bersama di mesjid sebelum istirahat, dan
untuk siswi yang sedang berhalangan shalat, mereka berkumpul di laboratorium
agama untuk melaksanakan keputrian yang di isi oleh guru yang bertugas. Selain
mewajibkan sholat dhuha bersama di sini juga mewajibkan untuk sholat duhur berjamaah
sebelum istirahat pada pukul 11.50 WIB. KBM berakhir pada pukul 14.00 WIB.
Setiap hari sabtu khusus guru-guru melaksanakan senam bersama di lapangan.
Aktifitas utama
guru selain sebagai pendidik juga sebagai pengajar sehingga tujuan pendidikan
nasional dapat terwujud. Selain itu guru juga dituntut untuk :
1. Mengintensifkan
pelajaran di kelas dengan memanfaatkan waktu belajar sebaik-baiknya sehingga
target kurikulum tercapai.
2. Selektif
dalam memberi izin pada siswa yang meninggalkan kelas, bagi guru yang mendapat
tugas piket.
3. Mengelola
kelas dengan baik sehingga KBM dapat teratur sesuai dengan RPP.
4. Menjelaskan
materi yang akan diajarkan dengan semaksimal mungkin.
B.
Aktivitas
Siswa
Aktivitas siswa selain
kegiatan belajar yaitu kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang
dilaksanakan pada hari sabtu pukul 10.30 – 11.50 WIB. Kegiatan pengembangan
diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik
utnuk mengembangakan dan mengespresikan diri sesuai kebutuhuan , bakat, minat
seriap peserta didik di SMP Islam Al-Azhar 5 kota Cirebon. Terdapat 2
ekstrakurirkuler yang wajib di ikuti oleh siswa dan siswi, yaitu PMR dan
Pramuka. Serta bermacam –macam ekstrakurikuler lainnya yang salah satunya dapat
di pilih siswa di antaranya :
1.
Basket
2.
Futsal
3.
Seni tari
4.
Marawis
5.
MTQ
6.
Enghlis club
7.
Math club
8.
Tata boga
9. Karate
dan masih banyak lagi.
Selain kegiatan
ekstrakurikuler siswa siswi di SMP Islam Al-Azhar 5 Cirebon juga setiap hari
Jumat setelah melakukan shalat Jumat untuk siswa laki-laki, dan shalat duhur
untuk perempuan semua siswa melaksanakan bina islami, yang dilaksanakan setiap
dua minggu sekali dan di isi oleh setiap kelas yang sudah dijadwalkan. Kegiatan
bina islami itu merupakan kegiatan yang di laksanakan siswa, seperti mempentaskan
drama yang bermuatan islami dan mengandung nila- nilai moral.
C.
Kegiatan
Belajar Mengajar
Dalam melakukan
KBM praktikan harus mempersiapkan berbagai persiapan, seperti RPP, media
pembelajaran dan lain sebagainya. Praktikan berusaha semaksimal mungkin melaksanakan
metode pembelajaran, strategi dan teknik sesuai dengan rencana pembelajaran
yang telah dibuat dan disusun serta melakukan pendekatan dengan siswa agar mereka
mempunyai perhatian terhadap pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar akan
terlaksana dengan efektif ketika siswa berperan aktif juga dalam kegiatan
belajar mengajar tersebut.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi
pembelajaran merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan belajar
siswa oleh sebab itu praktikan harus menguasai materi yang akan diajarkan,
selain itu praktikan juga harus bisa menyajikan materi tersebut dengan
terperinci dan jelas, agar materi tersebut dapat tersampaikan kepada siswa dengan
benar. Sehingga dapat mencapai petensi yang telah di rencanakan. Dalam
menyajikan materi praktikan menyesuaikan dengan format rencana pelaksanaan
pembelajaran. Dan bersumber dari buku paket matematika untuk SMP Kelas VIII
yang di karang oleh M. Cholic Adinawan Sugino penerbit erlangga, dan berbagai
sumber lainnya seperti buku-buku yang ada di perpustakaan dan dari internet
atau BSE.
BAB II
PELAKSANAAN PPL KEPENDIDIKAN
A.
Kegiatan
Awal PPL Kependidikan
Pada hari Selasa,
02 Agustus 2016 diselenggarakan penyerahan praktikan kepada SMP Islam Al Azhar
5 Cirebon yang berada di Jalan Kampung Melati 07 Kesambi Kota Cirebon yang
memiliki bangunan yang layak untuk dilaksanakan KBM. Dosen yang menyerahkan
kami ke sekolah dari kampus Unswagati yaitu Ibu Ratna Murtiningsih, S.Pd.,M.Hum,
para praktikan langsung disambut dan
diterima langsung oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakasek kurikulum
dan para guru yang akan menjadi guru pamong kami saat disana. Hari itu kami
hanya memperkenalkan diri dan sedikit diberikan informasi saja tentang
peraturan yang ada di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
Pada hari Rabu,
03 Agustus 2016 kami melaksanakan sosialisasi terkait pengenalan lingkungan sekolah
SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon dan juga diperkenalkannya kami kepada guru-guru lainya,
mulai dari staf tata usaha, staf perpustakaan, guru BK dan guru mata pelajaran
lainnya yang ada di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon oleh Siti selaku wakasek
kurikulum.
Pada minggu pertama
di sekolah, kami diberi kesempatan untuk mengenal setiap sudut sekolah SMP
Islam Al Azhar 5 Cirebon. Selain observasi lingkungan hari itu juga kami
melakukan observasi tentang kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler, kegiatan
yang rutin dilaksanakan di sekolah tersebut dan lain sebagainya. Tidak hanya itu kami juga diberikan informasi
mulai dari cara menjadi guru piket, petugas perpustakaan dan sebagainya yang
berkaitan dengan kegiatan yang ada di sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
B.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan PPL
merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa-mahasiswi untuk menyelesaikan tugas akhir.
Dalam hal ini mahasiswa-mahasiswi diterjunkan kesekolah untuk memperoleh pengalaman
pembelajaran langsung di lapangan, memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan
dalam mengajar serta yang lainnya. Berikut ini adalah laporan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran yang dilakukan penulis sebagai praktikan di SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon.
1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP adalah sebuah rencana awal
yang harus disiapkan oleh guru sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di
kelas. Manfaat pembuatan RPP ini adalah agar seorang guru dapat menjalankan dan
mengatur kegiatan belajar mengajar di kelas secara terarah, baik, sistematik,
dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dirancang sebagai
pedoman praktikan mengenai apa saja yang harus dilakukan di dalam kelas maka
dibuatlah RPP. RPP tersebut dibuat setiap kali akan mengajar atau setiap kali
pertemuan.
Selama pelaksanaan PPL kependidikan, praktikan diberikan
ketentuan dengan melakukan minimal 12 kali pertemuan mengajar dan minimal 8 RPP
yang dibuat selama PPL berlangsung di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
2.
Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah kegiatan yang
paling utama dalam pelaksanaan PPL dan dibimbing oleh guru pamong di sekolah
tempat praktikan melaksanakan PPL. Dalam bimbingan tersebut praktikan
diharapkan menjadi calon guru atau calon tenaga kependidikan lain yang
profesional. Dalam PPL kependidikan ini dimana jadwal kegiatan belajar mengajar
dijelaskan dalam tabel di bawah ini:
Kegiatan PPL Kependidikan, proses
KBM sebagai berikut:
Pertemuan
ke-
|
Hari
/
Tanggal
|
Jam
|
Materi
|
Kelas
|
1
|
Kamis/18–08–2016
|
5–6
|
Bab 2 Relasi dan
Fungsi
- Pengertian
Relasi
- Menyatakan
Relasi
|
VIII
E
|
2
|
Senin/22–08– 2016
|
3–4
|
-
Pengertian fungsi
-
Domain, kodomain, dan range
fungsi
|
VIII
E
|
3
|
Kamis/25–08–2016
|
5–6
|
- Notasi,
rumus, dan nilai fungsi
|
VIII
E
|
4
|
Senin/29–08–2016
|
3–4
|
-
Korespondensi satu-satu
|
VIII
E
|
5
|
Kamis/01–09–2016
|
5–6
|
Ulangan
Harian ke-2 Bab Relasi dan Fungsi
|
VIII
E
|
6
|
Senin/05–09–2016
|
3–4
|
-
Membahas soal ulangan harian
|
VIII
E
|
7
|
Kamis/08–09–2016
|
5–6
|
Bab
3 Persamaan Garis Lurus
- Pengertian
gradien
- Menentukan
gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
VIII
E
|
8
|
Senin/12–09–2016
|
3–4
|
- sifat-sifat gradien garis lurus
|
VIII
E
|
9
|
Kamis/15–09–2016
|
5–6
|
Persamaan
Garis Lurus
- Persamaan
garis melalui titik (x1,y1) dan bergradien m
|
VIII
E
|
10
|
Senin/19–09–2016
|
3–4
|
-
Persamaan garis melalui titik A(x1,y1) dan
B(x2,y2)
-
Menggambar grafik persamaan garis
lurus
|
VIII
E
|
11
|
Kamis/22–09–2016
|
5–6
|
Review materi persamaan garis lurus
|
VIII
E
|
12
|
Selasa/27-09-2016
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
VIIIE
|
|
13
|
Selasa/04–10–2016
|
7–8
|
Membahas soal UTS
|
VIIIE
|
14
|
Kamis/06–10–2016
|
3–4
|
Ulangan harian ke 3 Bab Persamaan Garis Lurus
|
VIIIE
|
15
|
Selasa/11–10–2016
|
7–8
|
Bab
4 Sistem persamaan linear dua variabel
- Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
- Menjelaskan SPLDV dalam
berbagai bentuk dan
variabel
|
VIII
E
|
16
|
Kamis/13–10–2016
|
3–4
|
-
Menyelesaikan SPLDV dengan metode grafik
|
VIII
E
|
17
|
Selasa/18–10–2016
|
7–8
|
-
Menyelesaikan SPLDV dengan metode gabungan eliminasi-substitusi
|
VIII
E
|
18
|
Kamis/20–10–2016
|
3–4
|
-
Penerapan SPLDV
|
VIII
E
|
19
|
Selasa/25–10–2016
|
7–8
|
Ulangan harian ke-4 Bab SPLDV
|
VIII
E
|
20
|
Kamis/27–10–2016
|
3–4
|
Bab 5 Teorema Pythagoras
-
Pembuktian teorema Pythagoras
-
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
(Ujian PPL)
|
VIII
E
|
3.
Hubungan Dengan Siswa
Siswa-siswi
SMP Islam Al Azhar pada umumnya aktif
dan kreatif. Rasa ingin tahunya juga sangat besar, ini semua tercermin dari apa
yang mereka lakukan didalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Pada
saat praktikan melaksanakan kegiatan PPL Kependidikan, siswa-siswi tersebut
menyambut baik para praktikan yang akan melaksanakan kegiatan PPL Kependidikan
di sekolah mereka. Siswa-siswi tersebut memiliki tingkah laku dan sopan santun
yang baik terhadap guru-guru maupun teman-teman di lingkungan sekolahnya.
Walaupun ada satu atau dua orang siswa di kelas tersebut yang selalu mencari
perhatian dan ingin diperhatikan, karena sesungguhnya karakteristik setiap anak
atau siswa di dalam kelas berbeda-beda. Untuk mengatasi hal tersebut, praktikan
mencoba untuk mendekati siswa-siswi itu dan memberikan perhatian terhadap
mereka, dengan tujuan agar paraktikan dapat lebih dekat dengan siswa-siswi
didalam kelas tersebut. Selain dengan cara tersebut, praktikan juga sesekali
menyuruh siswa-siswi tersebut untuk mengerjakan soal di depan kelas dengan
tujuan agar siswa-siswi tersebut berani untuk mencoba mengerjakan soal di depan
kelas dan mereka juga bisa aktif di dalam kelasnya.
Perbedaan
karakteristik anak didalam kelas membuat kita berlatih untuk lebih sabar dalam
menghadapi segala sesuatunya. Memang seusia mereka adalah masa-masanya seperti
itu. Namun, selagi tingkah laku mereka masih dalam batas kewajaran, biarkanlah
mereka bebas untuk memilih dan menentukan jati dirinya sendiri. Kita sebagai
pendidik harus terus membimbing siswa tersebut agar sifat dan pola pikir mereka
berkembang kearah yang positif.
4.
Hubungan Dengan Guru
Hubungan
dengan guru-guru di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon selama praktikan melaksanakan
PPL Kependidikan tidak mengalami kendala dan hambatan yang serius. Walaupun
pada awalnya para praktikan merasa canggung untuk komunikasi dengan guru-guru,
tetapi dengan seringnya bertemu, maka secara tidak langsung terjadi komunikasi
antara praktikan dan guru-guru, karena hubungan antara guru- guru di sekolah
tersebut sangat terasa kekeluargaannya.
5.
Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi
pembelajaran dilakukan dimana setelah praktikan menyelesaikan satu pokok
bahasan. Namun evaluasi tidak hanya dilakukan setelah selesai satu pokok
bahasan, tetapi bisa juga dilakukan setiap kali pertemuan yaitu setelah
praktikan mengajar di kelas, untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap atau
pemahaman siswa mengenai materi yang sudah diberikan oleh praktikan. Evaluasi
pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan materi pembelajaran agar praktikan
dapat mengetahui kekurangan siswa dalam penguasaan materi.
C. Kegiatan
Akhir PPL
Kependidikan
Pada kegiatan akhir PPL Kependidikan di SMP Islam Al
Azhar 5 Cirebon antara guru pamong dan praktikan berkoordinasi untuk menentukan
materi yang akan diujikan, jadwal dan pelaksanaan ujian PPL kependidikan.
1.
Pemilihan
Materi
Materi yang akan diujikan adalah materi yang sesuai
dengan silabus, materi ujian PPL kependidikan untuk program studi Matematika adalah “Pembuktian Teorema Pythagoras dan
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi
lain diketahui”.
2.
Jadwal
Ujian PPL Kependidikan
Setelah melaksanakan bimbingan antara guru pamong dan
praktikan, akhirnya ujian PPL Kependidikan untuk program studi Matematika dilaksanakan pada hari
Kamis,
27 Oktober 2016 pukul 08.20 WIB pelajaran ke 3-4.
3.
Pelaksanaan
Ujian PPL Kependidikan
PPL kependidikan program studi Matematika diuji oleh ibu
Ratna Muntiningsih, S.Pd.,M.Hum, ibu Sulistiawati,S.Pd.PKn
dan Bapak Dadang Hamdan, S.Pd. Pelaksanaan ujian PPL kependidikan berlangsung selama
80 menit.
D. Kegiatan
Lain
Selain
kegiatan mengajar, praktikan juga melaksanakan tugas kependidikan yaitu:
1.
Kegiatan
Upacara Bendera
Upacara bendera merupakan kegiatan yang wajib diikuti
oleh setiap praktikan PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon pukul
07:00 WIB sampai dengan pukul 07:40 WIB. Pada hari Senin ketika tidak dilaksanakan
upacara bendera, maka jadwal kewalikelasan. Karena SMP Islam Al
Azhar hanya melaksanakan 1 kali upacara dalam dua minggunya.
2.
Kegiatan
Layanan Perpustakaan
Tugas layanan perpustakaan yang dilakukan adalah membantu
membuat
data induk,, pengecapan,
merapikan buku, dan penulisan nomor pada buku-buku baru maupun lama.
3.
Kegiatan
Bimbingan OSIS
Kegiatan yang diikuti praktikan dalam bimbingan osis
diantaranya membantu mencatat point pelanggaran dalam GDM
(Gerakan Disiplin Murid), GDS(Gerakan Disiplin Shalat), dan ikut serta dalam
perkemahan pelajar.
4.
Kegiatan
BP/BK
Tugas yang diikuti praktikan dalam kegiatan BP/BK
diantaranya membahas tentang permasalahan yang sering dihadapi
siswa, pendataan/penjumlahan
poin pelanggaran siswa, membantu merekap data pendidikan dan
pekerjaan orang tua siswa. Kegiatan BK yang diikuti praktikan
tidak hanya itu saja. Praktikan juga diberikan pembelajaran BK seperti
permainan – permainan BK yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang.
5. Kegiatan Piket
Piket guru merupakan kegiatan di luar mengajar yang wajib
dilakukan oleh seluruh praktikan PPL di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Kegiatan
piket ini dilaksanakan secara bergilir dan tetap seminggu sekali sesuai jadwal
mengajar yang kosong. Kegiatan piket dijadwalkan di luar kegiatan mengajar,
dalam hal ini piket meliputi absen kelas 7-9, menggantikan guru apabila ada
yang tidak hadir, mengoperasikan bel , menerima tamu, menyalin point
pelanggaran yang dilakukan oleh siswa yang sebelumnya didata oleh anggota osis dan memberikan tugas ketika ada guru yang
menitipkan tugas.
6.
Kegiatan
Ekstrakulikuler
Kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMP I Al
Azhar adalah Pramuka dan PMR. Dan ekstrakurikuler lainya. Praktikan juga wajib
ikut membimbing kegiatan ekstrakulikuler PMR dan juga Pramuka. Kegiatan
ekstrakurikuler lainnya seperti mading, seni tari, tata boga, basket, English
club dan banyak lagi. Setiap praktikan boleh memilih setiap minggunya untuk
membimbing dikegiatan ekstrakurikuler mana. Praktikan dalam pelaksanaan
ekstrakurikuler di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon ini mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
PMR pada hari Rabu, Pramuka pada hari Jumat, kegiatan pengembangan diri pada
hari Sabtu. kegiatan PMR dan pramuka dilaksanakan dari pukul 14:00 sampai
dengan ashar kemudian dilanjut dengan shalat asar berjamaah. Dan praktikan ikut
membimbing dalam kegiatan ekstrakulikuler
7.
Kegiatan Olah Raga Sekolah
Kegiatan
olah raga sekolah yang diikuti oleh praktikan adalah senam bersama setiap hari
sabtu yang rutin di laksanakan di sekolah.
BAB
III
HASIL
PPL PENDIDIKAN
Selama mengikuti PPL Kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon banyak yang diperoleh
praktikan, hasil meliputi perolehan di bidang pengetahuan, keterampilan dan
sikap. Melalui
kegiatan PPL ini bagi para praktikan agar dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh
agar menjadi guru yang profesional kelak:
A. Bidang
Pengetahuan
Dalam bidang
pengetahuan praktikan dapat membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran)
dengan baik serta mengetahui adanya program tahunan, program semester yang kemudian program tersebut
dapat diaplikasikan dan dijalankan dalam proses KBM,
dan berbagai macam model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di dalam
kelas agar terjadi proses KBM yang aktif, kondusif dan mencapai sesuai dengan
kompetensi yang diharapkan dan juga, tidak hanya pengetahuan yang berkaitan
dengan proses KBM saja yang praktikan dapatkan. Namun praktikan juga banyak
sekali mendapatkan pengetahuan seperti :
1. Praktikan dapat menambah wawasan pengetahuan baik
teori dan praktik bidang disiplin ilmu kependidikan
2. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif yang akan digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar di dalam kelas
3. Praktikan dapat menambah pengetahuan baik teori dan
praktik sesuai dengan program studi.
4. Praktikan mengetahui kegiatan diluar
proses pembelajaran
5. Praktikan mengetahui kondisi sekolah
tempat berlatih
6. Praktikan mengetahui cara mengajar yang
baik
7. Praktikan mengetahui cara menangani siswa
didalam kelas
B. Bidang
Keterampilan
Dalam bidang keterampilan,
praktikan mendapat banyak teori dalam mengajar dari guru
pamong,
tidak hanya itu praktikan juga sudah mengetahui suasana yang sebenarnya yang
ada di dalam kelas bersama siswa-siswa, sehingga semakin lama praktikan semakin
terbiasa dan keterampilan mengajar serta keterampilan dalam mengelola kelaspun
lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, sebelum praktikan melaksanakan PLL.
Adapun
pengalaman yang praktikan dapat selama kegiatan PPL Kependidikan dilakukan
yaitu antara lain :
1.
Praktikan dapat
melakukan proses belajar mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan profesi seorang
guru
2.
Praktikan dapat
memperoleh ketrampilan dasar mengajar yang baik
3.
Praktikan dapat
menggunakan berbagai macam model dan media pembelajaran yang cocok untuk setiap
materi yang akan diajarkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien
4.
Keterampilan berorganisasi
Sedangkan
keterampilan yang diperoleh secara tidak langsung yaitu:
1.
Keterampilan membuka dan
menutup proses pembelajaran
2.
Keterampilan
dalam mengkondisikan siswa
dalam proses pembelajaran
3.
Keterampilan berbicara di
depan banyak orang
4.
Keterampilan bersosialisasi baik dengan siswa,
sesama praktikan maupun dengan guru.
Sehingga di bidang ini para praktikan mampu mempraktekkan
cara memberi materi dan mengelola kelas yang baik yang akan disampaikan. Dan kelak akan digunakan lagi ketika sudah
berada di dunia kerja sebagai guru.
C. Bidang
Sikap
Seorang praktikan pasti bisa menentukan sikap dalam
bersosialisasi terhadap murid, guru, dan staff SMP
Islam
Al Azhar 5 Cirebon dan sesama praktikan.
Praktikan sangat banyak sekali mendapatkan pelajaran pada bidang sikap, karena
di SMP Islam Al Azhar dituntut untuk memiliki sikap yang baik, seperti selalu
mengucap salam dan bersalaman saat bertemu dengan sesama guru ataupun dengan
murid, dan juga berada di lingkungan agamis, sehingga praktikan terbiasa untuk
menjaga sikap.
Praktikan adalah calon seorang pendidikan masa depan.
Dengan adanya kegiatan PPL kependidikan, para praktikan mendapat
manfaat-manfaat tersebut. Manfaat-manfaat ini sebagai acuan praktikan agar
kelak menjadi guru yang profesional yang mampu memfasilitasi murid untuk
mendapatkan ilmu dan memiliki tata krama kesopanan yang
baik pula. Menjadikan
praktikan calon guru yang kreatif akan cara menyampaikan materi
dan juga memiliki sikap yang tercermin sebagai seorang guru yang di gugu dan di
tiru oleh muridnya.
BAB
IV
PERMASALAHAN
Dalam kurang lebih tiga
bulan praktikan melaksanakan kegiatan PPL ada banyak sekali permasalahan. Mulai
dari permasalahan dari luar maupun dari dalam diri praktikan sendiri.
A. Hambatan
yang dihadapi dalam melaksanakan PPL Kependidikan
Dalam melaksanakan kegiatan PPL Kegiatan, praktikan
menghadapi beberapa hambatan, diantaranya:
1.
Hambatan
dalam membuat
perumusan rencana pembelajaran
Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar terlebih
dahulu praktikan membuat rancana pembelajaran yang akan diprogramkan selama
kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini praktikan mengalami hambatan
pengumpulan bahan, memilih metode yang sesuai dengan materi, kegiatan inti
selama proses KBM.
2.
Hambatan
dalam proses KBM
Dalam
proses KBM, praktikan mengalami hambatan lain:
1.
Dalam membuka pelajaran praktikan masih mengalami kesulitan dalam membuka
pelajaran yang dapat menarik siswa dan menimbulkan motivasi untuk belajar.
2. Karakteristik siswa yang beraneka ragam, sehingga susah
kondusif selama belajar untuk diciptakan, akhirnya pengalokasian waktu tidak
tercapai.
3. Volume
suara praktikan kurang, sehingga masih belum bisa menguasai kelas dan
menjadikan kelas tenang dan kondusif
4. Masih ada siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika itu membosankan dan sulit untuk dimengerti sehingga
siswa tersebut malas dan tidak bersemangat untuk mempelajarinya.
B.
Upaya Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan
Upaya
untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut diantaranya adalah:
1.
Berkonsultasi
kepada guru pamong setiap akan mengajar, dan latihan sebelum
mengajar, agar terbiasa untuk selalu terlihat bersemangat dalam mengajar.
Karena ketika seorang guru bersemangat maka siswa pun akan ikut termotivasi
untuk bersemangat belajar. Dan selalu meminta evaluasi, kritik serta saran
kepada guru pamong. Agar praktikan dapat mengetahui apa saja kekurangannya.
2.
Selalu munculkan metode pembelajaran
yang baru dan menarik untuk siswa, agar siswa dapat belajar secara kondusif,
sehingga pengalokasian dalam penyampaiaan materi cukup.
3.
Belajar meningkatkan volume suara
sedikit demi sedikit agar terbiasa dan dapat mengelola kelas dengan baik.
4.
Melakukan
evaluasi diri sendiri dan mengahayati cara mengajar yang akan disampaikan pada
siswa dengan cara menilai diri sendiri, baik itu yang berkaitan dengan sikap,
penampilan dan bahasa merupakan upaya agar materi yang disampaikan oleh kita dapat dimengerti dengan mudah oleh siswa.
Dan selalu bersikap menyenangkan di depan siswa agar siswa senang terhadap
gurunya seperti membimbing siswa
yang mengalami kesulitan selama mengikuti pembelajaran, sehingga siswa tidak
sungkan untuk bertanya materi yang dipelajari.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Praktik Pengalaman Lapangan ialah suatu program kegiatan
akademik yang wajib dilaksanakan mahasiswa FKIP Unswagati Cirebon yang
bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga pendidik yang profesional. Selama
melakukan praktik mengajar, praktikan selalu berusaha tampil percaya diri dan
penguasaan materi yang baik. Selama itu, selalu bersikap ramah dan sopan kepada
guru maupun siswa serta semua pihak di sekolah. Melakukan pendekatan kepada siswa untuk lebih
mengetahui karakter masing-masing siswa serta membimbing siswa yang mengalami
kesulitan dalam mengikuti pelajaran matematika.
Banyak manfaat yang diperoleh praktikan khususnya dalam
pengetahuan dan pengembangan diri untuk dapat menjadi guru yang profesional
setelah mengikuti kegiatan PPL pendidikan ini. Sebagai manusia biasa, praktikan
menyadari betul masih terdapat banyak kekurangan selama kegiatan PPL
kependidikan di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, maka dari itu praktikan
mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk dapat meningkatkan kemampuan
praktikan khususnya dalam bidang kependidikan.
B. Saran
Setiap kegiatan tentunya tidak akan terlepas dari
kekurangan meskipun terdapat banyak manfaat di dalamnya. Begitu pun dengan
kegiatan PPL yang telah dilaksanakan oleh praktikan di SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon selama kurang lebih tiga bulan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh
karena itu, ada beberapa saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi praktikan
ke depannya, UPT PPL Unswagati, maupun bagi SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.
1.
Bagi
Praktikan
Adapun saran bagi praktkan ke depannya, antara lain:
a. Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas,
praktikan diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri secara maksimal agar
senantiasa dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik.
b. Sebaiknya praktikan selalu mencari referensi mengenai
strategi dan metoe pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa maupun materi yang akan
diajarkan agar penyampaiannya dapat diterima dan diserap oleh siswa secara efektif.
c. Praktikan harus senantiasa meminta masukan dan koreksi,
baik dari dosen pembimbing, maupun dari guru pamong PPL terhadap penampilan di
kelas maupun terhadap rencana pengajaran yang telah dibuat.
d. Praktikan harus mampu bersikap, berpenampilan, dan
bertindak sebagaimana layaknya seorang guru yang profesional serta senantiasa
memberikan teladan yang baik bagi siswa di dalam dan di luar kelas.
e. Selalu berinovasi dalam mengembangkan metode pembelejaran
yang dilakukan agar siswa tidak merasa bosan.
2.
Bagi
Pihak Sekolah
Adapun saran untuk pihak sekolah, praktikan berharap agar
kerja sama yang telah terjalin dapat terus berlangsung.
3.
Bagi
Pihak Universitas
Saran untuk pihak universitas, praktikan berharap agar
meningkatkan kualitas kegiatan PPL hingga mencapai keberhasilan yang maksimal
dengan cara memberikan pengarahan dan bimbingan kepada praktikan secara kontinu
baik sebelum pelaksanaan PPL maupun pada saat berlangsung PPL. Memberikan
informasi yang terbaru dengan keadaan di sekolah terutama dalam masalah
administrasi sehingga praktikan tidak merasa kebingungan dalam proses
penyusunan administtrasi sekolah.
INSTRUMEN OBSERVASI
AKTIVITAS GURU DI KELAS
Sekolah : SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon
Kelas : VIII E
Jam Ke : 3 – 4
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan/KD : Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Praktikan : Widiawati
Hari,
Tanggal :
Senin, 08 Agustus 2016
A. Pendahuluan
Pembelajaran
ini di buka dengan mengucapkan salam dan juga menyapa siswa. Kemudian melakukan
kegiatan berdoa, mengabsen dan melakukan apersepsi. Kemudian memberikan soal
pemanasan yang dikerjakan siswa selama tiga menit. Soal tersebut diberikan di
setiap awal pembelajaran, untuk mengetahui pehamanan siswa pada pertemuan
sebelumnya.
B. Inti
Pembelajaran
Sebelum
menyampaikan materi guru menyampaikan imtaq terlebih dahulu, yaitu ayat
al-quran yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Pada kegiatan inti
pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk bertanya ketika guru telah
menyampaikan materi mengenai hal-hal yang kurang dipahami. Guru juga mengajukan
beberapa pertanyaan untuk dijawab siswa agar dapat mengetahui seberapa tingkat
pemahaman siswa dalam materi yang telah di sampaikan tersebut. Pada
pembelajaran guru memberikan penugasan.
C. Kegiatan
Penutup
Kegiatan
pembelajaran dilakukan dengan mengulas kembali materi yang sudah diajarkan kemudian
guru memberikan PR dan meminta siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang telah
berlangsung. Pembelajaran di akhiri dengan mengucap salam dan berdoa.
Hal-hal
yang berguna bagi praktikan :
1. Praktikan
dapat melihat secara langsung proses belajar dan mengajar di dalam kelas.
2. Praktikan
dapat mempelajari strategi pembelajaran yang digunakan guru mata pembelajaran.
3. Praktikan
dapat melihat dan memahami bagaimana cara guru tersebut melakukan pengelolaan kelas
dengan baik, sehingga kelas dapat berlangsung secara kondusif.
4. Praktikan
dapat melihat bagaimana cara guru melakukan kegiatan pendekatan kelompok maupun
personal.
5. Praktikan
dapat melihat bagaimana cara guru tersebut menerangkan atau menyajikan materi
agar siswa memperhatikan.
INSTRUMEN OBSERVASI
AKTIVITAS SISWA DI KELAS
Sekolah : SMP Islam Al Azhar 5
Cirebon
Kelas : VIII E
Jam Ke : 3 – 4
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan/KD : Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Praktikan : Widiawati
Hari,
Tanggal : Senin, 08 Agustus
2016
A. Pendahuluan
Pembelajaran
ini di buka dengan mengucapkan salam dan juga menyapa siswa. Kemudian melakukan
kegiatan berdoa, mengabsen dan melakukan apersepsi. Kemudian memberikan soal
pemanasan yang dikerjakan siswa selama tiga menit. Soal tersebut diberikan di
setiap awal pembelajaran, untuk mengetahui pehamanan siswa pada pertemuan
sebelumnya.
B. Inti
Pembelajaran
Siswa
bersama-sama membaca ayat al-quran yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
Pada kegiatan inti pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk bertanya ketika
guru telah menyampaikan materi mengenai hal-hal yang kurang dipahami. Siswa
mengerjakan tugas latihan yang diberikan oleh guru.
C. Kegiatan
Penutup
Kegiatan penutup
pembelajaran siswa menyimpulkan pembelajaran dan mencatat PR yang diberikan
guru. Setelah pembelajaran selesai, siswa berdoa dan menjawab salam guru.
Hal-hal
yang berguna bagi praktikan :
1. Praktikan
dapat mengetahui karakter siswa.
2. Praktikan
dapat mengetahui bagaimana kegiatan siswa di dalam kelas.
3. Praktikan
dapat mengamati cara siswa belajar.
4. Praktikan
dapat mengetahui model atau strategi pembelajaran apa yang dapat membuat siswa
menyenangkan dan tidak jenuh pada saat belajar.
OBSERVASI DAN PENGENALAN LAPANGAN
Nama Sekolah : SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon
Alamat : Jln.
Kampung Melati No. 7 Kesambi Cirebon
Nama Praktikan : Widiawati
Program
Studi : Matematika
Kondisi
Gedung dan Lapangan
1. Kondisi
Gedung
Kondisi
gedung di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon secara keseluruhan baik dan dilengkapi
media pembelajaran yang cukup baik, sehingga membantu aktivitas belajar siswa
di kelas. SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon merupakan sekolah yang cukup luas dengan
kondisi bangunan utama yang masih tetap kokoh, sedangkan kondisi bangunan yang
lainnya pun terus mengalami peningkatan sarana dan prasarana. Gedung sekolah
sendiri terdiri dari ruang kelas, ruang TU, ruang UKS, ruang laboratorium,
ruang perpustakaan, ruang BK, ruang OSIS, mushola dan lain sebagainya.
2. Halaman
Sekolah
Halaman
sekolah SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon memiliki halaman yang cukup luas, dan
strategis karena lokasinya berada di tengah-tengah dikelilingi bangunan
sekolah. Halaman sekolah di sini memiliki banyak fungsi seperti digunakan
sebagai tempat olahraga dan upacara para siswa beserta dengan guru SMP Islam Al
Azhar 5 Cirebon.
3. Pagar
Sekolah
Tidak
hanya halaman sekolah saja yang tertata rapih, tetapi pagar sekolahnya juga
sudah tertata rapih dan berdekatan dengan ruang pos satpam, sehingga
kemungkinan siswa untuk bolos saat jam pelajaran sangatlah sulit. Bagi siswa
yang dating terlambat juga tidak akan masuk seenaknya. Pagar sekolah sangat
baik sehingga keamanan dan ketertiban sekolah terjaga dan berwarna terang terlihat
cerah.
4. Penataan
Bangunan
Penataan
bangunan sangat teratur sesuai dengan penempatan fungsi bangunan di sekolah
baik kelas maupun ruangan-ruangan lainnya. Penataan bangunannya pun sangat baik
sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga terdapat perawatannya tertata rapih
setiap saat.
5.
Kamar Kecil
Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon ada
beberapa kamar kecil. Kamar kecil untuk siswa, dengan membedakannya antara
laki-laki dan perempuan. Sedangkan untuk kamar kecil guru berada di dekat
kantor guru. Selain itu terdapat kamar kecil di dekat musholah dan di dalam
perpustakaan. Kamar kecilnya pun begitu nyaman dengan tingkat kebersihannya
terjaga dengan baik.
6.
Kantin Sekolah
Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon memiliki
kantin yang berada di lingkungan sekolah. Kantin tersebut terletak di belakang
sekolah. Kantin SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon sangat bersih, rapi dan sehat.
Ruang Kelas, Kantor dan
Sumber Belajar
1.
Ruang Kelas
Cukup nyaman dan luas untuk kegiatan
belajar, dengan dilengkapi AC dan kipas angin yang dapat menambah kenyamanan,
rak buku untuk siswa, serta infocus disetiap kelasnya.
2.
Keadaan Fasilitas Sekolah
Sekolah menyediakan ruang khusus untuk
multimedia, ruang komputer, dan beberapa laboratorium, seperti laboratorium
IPA, laboratorium agama, laboratorium bahasa, laboratorium TIK untuk menunjang
belajar para siswa. Fasilitas belajar di kelas juga cukup lengkap karena
dilengkapi dengan penggunaan papan tulis, dengan dilengkapi media pembelajaran
yang cukup maju seperti proyektor.
3.
Kantor Guru
Kondisi kantor yang cukup luas dan
penataan yang rapih membuat guru-guru menjadi merasa nyaman dan ditambah
kesejukan dari AC.
4.
Alat Penunjang Pendidikan
Fasilitas yang tersedia cukup memadai dan
computer sudah cukup lengkap karena sekolah sudah memasang jaringan internet
bagi siswa sehingga memudahkan para siswa sehingga memudahkan para siswa untuk
menggunakan fasilitas internet dan computer dengan baik. Adanya berbagai macam
laboratorium untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dengan baik.
5.
Sumber Belajar
Keberadaan perpustakaan dengan buku-buku
pelajaran yang cukup dan tersedia dengan baik memungkinkan para siswa tidak
mengalami kesulitan ketika membutuhkan sumber belajar yang dibutuhkannya.
Dokumentasi
Siswa-siswi kelas 8E
Siswi kelas 8E
All rekan PPL SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon 2016
Dari kiri: Siska Komala, Widiawati, Nurhidayat, Dana Fauziah, Ajeng Iis, Reni Aprilia
0 Comments: