RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke : 1
1.
Standar
Kompetensi
Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
2.
Kompetensi
Dasar
Memahami relasi dan fungsi
3.
Indikator
1. Menyebutkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi
2. Menyatakan suatu relasi
4.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, murid dapat :
1. Menyebutkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi
2. Menyatakan suatu relasi
5.
Muatan IMTAK
Artinya:
"Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka
berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan
mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan.
Yang demikian itu karena kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi
tanpa alas an yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan
melampaui batas." (Q.S. Ali Imran/3:112)
6.
Materi
Pembelajaran
1.
Menjelaskan
pengertian relasi.
2. Menyatakan relasi.
7.
Metode Pembelajaran
Model
pembelajaran : kooperatif
learning tipe STAD
Pendekatan pembelajaran : Realistik
Metode: Ekspositori, dan tanya jawab.
8.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Apersepsi
1.
Mengucapkan salam
2.
Perkenalan
dengan siswa
3.
Mengecek keadaan
kelas dan keadaan siswa
4.
Memberikan motivasi berupa
tes konsentrasi.
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
6.
Menjelaskan model
pembelajaran yang digunakan
7.
Mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi sebelumnya dan materi relasi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1. Menjawab
salam
2. Mendengarkan dengan baik
3. Merespon
dengan baik, dan memberitahu guru jika ada siswa lain yang tidak hadir.
4. Mendengarkan
dengan baik dan mencermati penjelasan guru dengan disiplin.
5. Mendengarkan
dengan baik dan mencermati tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
dengan disiplin.
6. Siswa
memperhatikan, menyimak dan memahami apa yang disampaikan guru
7. mencermati
penjelasan guru serta menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru dengan
kreatif.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengintruksikan
siswa untuk duduk berdasarkan kelompoknya (agar kemampuan siswa di setiap
kelompok rata dan heterogen, guru membantu membentuk kelompok).
Eksplorasi
Memberi tugas yang akan dikerjakan secara
berkelompok, yaitu tentang kehidupan sehari-hari siswa yang berkaitan dengan
relasi.
.
Elaborasi
·
Membantu kelompok
yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal dengan cara memberikan pertanyaan
arahan sehingga siswa dalam kelompok sendiri yang berhasil memecahkan masalah
tersebut.
·
Menunjuk secara acak
perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan
kelas.
Konfirmasi
·
Mengajak siswa untuk mengecek
kembali informasi yang diperoleh dari hasil diskusi dan memberikan pelurusan
mengenai hasil diskusi siswa jika ada konsep yang keliru atau belum dapat
dipahami sampai mendapatkan kesimpulan yang benar.
·
Memberikan kesempatan bertanya
kepada siswa yang masih merasa kurang jelas atau kurang mengerti.
·
Kelompok yang paling aktif
diberikan penguatan oleh guru.
|
Mencari anggota
kelompok masing-masing dengan disiplin dan duduk berdasarkan kelompoknya.
Eksplorasi
Mendengarkan dan mencatat tugas yang diberikan guru, kemudian
mengerjakannya bersama teman kelompoknya.
Elaborasi
·
Menanyakan masalah-masalah yang
ditemui dalam menyelesaikan soal-soal kepada teman yang sudah paham ataupun guru.
·
Perwakilan kelompok yang
ditunjuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, sedangkan siswa yang lain
mencermati presentasi dengan rasa ingin tahu, berani berpendapat, aktif
bertanya,dan teliti.
Konfirmasi
·
Mengecek kembali informasi yang
diperoleh dari hasil diskusi dan menanyakan mengenai hal yang belum dipahami
atau masih diragukan dari hasil diskusi.
·
Mengajukan pertanyaan dan
mencermati penjelasan guru dengan rasa ingin tahu.
·
Memberi apresiasi kepada kelompok
yang paling aktif.
|
50 Menit
|
Penutup
|
1.
Menuntun siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
2.
Memberikan pekerjaan rumah
berupa latihan-latihan soal pada buku paket matematika YPI
kelas VIII halaman 27 Latihan
1 nomor 1-5
3.
Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
1. Siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
2. Mencatat tugas yang diberikan oleh guru.
3. Mendengarkan dengan baik dan mencermati penjelasan guru dengan
disiplin
|
15 menit
|
9.
Sumber,
Alat, dan Media Pembelajaran
1.
Sumber :
-
Buku paket matematika kelas VIII SMP Islam Al-azhar
-
Buku paket
mandiri matematika SMP kelas VIII, Karangan Kurniawan
2.
Alat: Spidol, papan tulis dan penghapus papan
3.
Media : power point
10.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian :
a.
Soal
pemanasan (individu)
b.
Penugasan
terstruktur (kelompok)
c.
Tugas
individu (pekerjaan rumah)
2.
Bentuk
Penilaian :
a.
Essay
b.
Essay
c.
Essay
3.
Instrumen
Penilaian :
a.
Soal Pemanasan (2 menit) (Individu)
Tulislah anggota
dari himpunan A tersebut?
b.
Soal
Diskusi Kelompok
Buatlah contoh
relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan nyatakan relasi tersebut kedalam 3
cara.
1.
Kel 1 : Relasi
“Anggota Ekskul”
2.
Kel 2 : Relasi
“Makanan Favorit”
3.
Kel 3 : Relasi
“Golongan Darah”
4.
Kel 4 : Relasi
“Minuman Favorit”
5.
Kel 5 : Relasi
“Olahraga Favorit”
Cirebon,
18 Agustus 2016
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Iwan Supriadi, S.Pd Widiawati
NBA. 0812072010
NPM. 113070075
Mengetahui,
Kepala Sekolah
M. Imam Gozali, S.Pd., MM
NBA. 08420195
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke : 3
A.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan
persamaan garis lurus.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Memahami relasi dan fungsi
C.
Indikator
1. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
2. Menghitung nilai fungsi
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, murid dapat :
1. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
2. Menghitung nilai fungsi
E.
Muatan IMTAK
Artinya:
“Hai Nabi,
kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang
sabar diantara kamu, niscaya akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan
jika ada seratus orang yang sabar di antara kamu, niscaya akan mengalahkan
seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak
mengerti” (QS Al-Anfal : 65)
F.
Materi
Pembelajaran
Notasi, Rumus dan Nilai Fungsi
Sebuah fungsi dari himpunan A
ke himpunan B dapat dinotasikan sebagai berikut:
f : A → B
|
f : A → B dibaca fungsi memetakan himpunan A ke himpunan B
Jika x anggota himpunan A maka
pasangan x dalam himpunan B dinyatakan dengan f(x).
f : x → f(x)
|
Variabel x merupakan variabel
bebas sedangkan variabel y = f(x) merupakan variabel bergantung.
Maka suatu fungsi dapat
dinyatakan dengan rumus f(x) = y
Dengan x adalah anggota domain
dan y adalah nilai fungsi / bayangan fungsi.
Contoh:
1.
Suatu
fungsi ditentukan oleh
f : x → x2
– 2x
dengan domain
{1,2,3,4}
a.
Tentukan
rumus fungsi
b.
Tentukan
rangenya.
Penyelesaian:
a.
f(x)
= x2 – 2x
b.
f(1)
= 12 – 2(1) = -1
f(2) = 22 –
2(2) = 0
f(3) = 32
– 2(3) = 3
f(4) = 42
– 2(4) = 8
range =
{-1,0,3,8}
2.
Diketahui
suatu fungsi f(x) = 3x2 – 2x + 1, maka tentukan bayangan dari 3!
Penyelesaian:
f(x) = 3x2
– 2x + 1
f(3) = 3(3)2
– 2(3) + 1 = 22
3.
Suatu
fungsi f(x) = 10 – 2x, tentukan nilai dari f(-3) + f(4)!
Penyelesaian :
f(x) = 10 – 2x
f(-3) = 10 – 2(-3)
= 16
f(4) = 10 – 2(4) =
2
jadi, f(-3) + f(4)
= 16 + 2 = 18
4.
Diketahui f(x) =
2x + 3, jika f(a) = 17, carilah nilai a.
Penyelesaian :
f(x) = 2x + 3
f(a) = 2(a) + 3
17 = 2.a + 3
17 – 3 = 2.a
14 = 2.a
a =
5.
Diketahui f(x) =
ax + b. jika f(2) = 1 dan f(4) = 5, Hitunglah nilai f(10) .
Penyelesaian :
f(x) = ax + b
f(2) = a.2 + b =
1 jadi 2a + b = 1
a + b = 5 -
-2a = - 4
a = 2
a = 2
2a + b = 1
2(2) + b = 1
4 + b = 1
b = 1 – 4 = -3
jadi, f(x) = 2x – 3
maka f(10) = 2(10) – 3 = 17
G. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran :
kooperatif learning tipe make a match
Metode: Ekspositori
dan penugasan terstruktur.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
||
Guru
|
Siswa
|
|||
Pendahuluan
|
Apersepsi
|
20
Menit
|
||
Mengucapkan salam.
|
Siswa menjawab salam.
|
|||
Mengecek keadaan kelas, alat
pembelajaran dan kesiapan siswa untuk belajar.
|
Siswa menyiapkan kesiapan ruangan,
alat pembelajaran dan peralatan belajar dengan disiplin.
|
|||
Guru memimpin doa.
|
Siswa berdoa sebelum belajar.
|
|||
Guru mengabsen kehadiran siswa.
|
Merespon dengan baik, dan memberitahu
guru jika ada siswa lain yang tidak hadir.
|
|||
Guru
memberikan soal pemanasan tentang materi sebelumnya
|
Siswa
mencatat soal yang diberikan guru
|
|||
Guru
memberikan waktu selama 3 menit untuk siswa menjawab soal pemanasan.
|
Siswa
mengerjakan soal pemanasan.
|
|||
Setelah
3 menit guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mengumpulkan jawabannya.
|
Siswa
mengumpulkan jawaban.
|
|||
Guru
memeriksa jawaban siswa, dan jika jawabannya benar mendapat nilai + 2.
|
Siswa
menunggu guru memeriksa jawabannya dengan disiplin.
|
|||
Guru
membahas soal pemanasan.
|
Siswa
mendengarkan dan menyimak penjelasan guru.
|
|||
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan materi sebelumnya dan materi tentang fungsi.
|
Mencermati penjelasan guru serta
menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru dengan kreatif.
|
|||
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran.
|
Mendengarkan dengan baik dan
mencermati penjelasan guru dengan disiplin.
|
|||
Guru
memberikan motivasi kepada siswa, manfaat beserta ayat Al-Qur’an dari materi
yang akan dipelajari.
|
Siswa
menyimak motivasi dan manfaat ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan materi
yang diberikan
|
|||
Inti
|
Eksplorasi
|
50 Menit
|
||
Menjelaskan kepada siswa tentang notasi, rumus, dan mencari nilai
fungsi dan memberikan contoh soal.
|
Siswa menyimak penjelasan yang dipaparkan guru mengenai notasi, rumus,
dan mencari nilai fungsi dan contoh soalnya.
|
|||
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang
telah dijelaskan
|
Siswa berkesempatan bertanya tentang materi yang kurang dipahami.
|
|||
Elaborasi
|
||||
Memberi
penjelasan mengenai model pembelajaran yang akan dilakukan.
|
Menyimak penjelasan dari guru mengenai model pembelajaran yang akan
dilakukan.
|
|||
Membagi
kelas menjadi dua kelompok, yang terdiri dari kelompok kartu hijau dan kelompok kartu
kuning.
|
Siswa membentuk kelompok menjadi dua kelompok, yang terdiri dari
kelompok kartu hijau dan kelompok kartu kuning.
|
|||
Guru
menjelaskan tata cara bermain permainan tersebut. Di mana kartu hijau terdapat soal
tentang mencari nilai fungsi, dan kartu kuning terdapat jawabannya. Jadi satu
kartu hijau hanya ada satu
pasangannya di kartu kuning. Dan nanti ketika semua siswa telah mengetahui
pasangan dari kartunya dan menemukan pasangannya maka pasangan tersebut harus
lapor kepada guru dengan waktu yang cepat. Dan siswa yang menemukan
pasangannya dalam waktu yang telah ditentukan akan mendapat masing-masing
dua bintang.
|
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru
|
|||
Guru
membagikan kartu sesuai dengan kelompoknya, kartu hijau yang berisi soal
dibagikan kepada siswa yang berkelompok hijau, dan kartu kuning yang berisi jawaban
dibagikan kepada siswa yang berkelompok kuning.
|
Siswa menerima kartu sesuai dengan kelompoknya.
|
|||
Guru
memberikan waktu 5 menit kepada siswa untuk mencari tau atau mengerjakan soal
berapakah angka yang merupakan pasangan dari kartu yang masing-masing siswa
miliki.
|
Siswa mengerjakan soal untuk mencari tau angka berapakah yang akan menjadi
pasangannya
|
|||
Setelah
waktu 5 menit telah habis guru memberi aba-aba kepada siswa untuk segera
mencari pasangan dari kartu yang dimilikinya dengan batas waktu satu menit.
|
Siswa mencari pasangan dari kartu yang dimilikinya.
|
|||
Guru
mengecek siswa yang menemukan pasangannya dalam waktu kurang dari satu menit.
|
Siswa yang menemukan pasangannya langsung menghadap guru.
|
|||
Guru
memberi masing-masing dua bintang
kepada pasangan yang kepada pasangan yang menghadap guru kurang dari
atau pas satu menit.
|
Pasangan siswa yang paling cepat sesuai waktu yang telah ditentukan
masing-masing mendapat 2 bintang.
|
|||
Konfirmasi
|
||||
Memberi
kesempatan bertanya kepada siswa bila ada materi atau jawaban yang belum
dimengerti
|
Bertanya
bila ada materi atau jawaban yang belum dimengerti
|
|||
Penutup
|
Guru melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Siswa
merespon guru mengenai pembelajaran yang telah berlangsung
|
10
Menit
|
|
Menuntun siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
|
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
|
|||
Memberikan pekerjaan
rumah berupa latihan-latihan soal.
|
Mencatat tugas yang
diberikan oleh guru.
|
|||
Menyampaikan rencana
pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
Mendengarkan
dengan baik dan mencermati penjelasan guru dengan disiplin
|
|||
Menutup
membelajaran dengan doa dan mengucapkan salam.
|
Siswa
berdoa dan menjawab salam dari guru.
|
|||
I.
Sumber,
Alat, dan Media Pembelajaran
1. Sumber :
-
Buku paket matematika kelas VIII SMP Islam Al-azhar
-
Buku paket
mandiri matematika SMP kelas VIII, Karangan Kurniawan
2.
Alat:
Spidol, papan tulis dan penghapus papan
3.
Media : Kertas warna hijau dan kuning, power point
J.
Penilaian Hasil Belajar
2.
Teknik
Penilaian :
a.
Soal
pemanasan
b.
Penugasan
terstruktur
c.
Tugas
individu
3.
Bentuk
Instrumen :
a.
Essay
b.
Memasangkan
c.
Essay
4.
Instrumen
Penilaian :
a.
Soal
pemanasan
Diketahui: P =
{Bilangan ganjil antara 4 dan 10}
Q = {Bilangan prima kurang dari 12}
Tentukan
banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan Q ke P!
b.
Penugasan
terstruktur
1.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(5)!
2.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(7)!
3.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 2 oleh fungsi f(x).
4.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(4)!
5.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(6)!
6.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 4 oleh fungsi f(x).
7.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(3)!
8.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai dari f(5)!
9.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 3 oleh fungsi f(x).
10. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(4)!
11. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(8)!
12. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 2x + 3. Bila nilai f(a) =
17 maka tentukan nilai dari a.
13. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(2)!
14. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(-2)!
15. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 3x – 3. Bila nilai f(a) =
9 maka tentukan nilai dari a.
16. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(5)!
17. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 2x – 1 . Bila nilai f(a) =
17 maka tentukan nilai dari a.
c.
Tugas
individu (pekerjaan rumah)
1.
Jika diketahui f
(x – 3) = 2x + 5, maka tentuka nilai dari f(4)!
2.
Jika f(x) = 3x –
2, maka tentukan rumus dari f(2p + 4) !
5.
Rubrik
penilaian :
a.
Soal
pemanasan
Diketahui: P =
{Bilangan ganjil antara 4 dan 10}
Q = {Bilangan prima kurang dari 12}
Tentukan banyaknya pemetaan
yang mungkin dari himpunan Q ke P!
Penyelesaian
:
P = {5,7,9}
Q = {2,3,5,7,11}
Banyaknya anggota himpunan P = n(P) = 3
Banyaknya anggota himpunan Q = n(Q) = 5
Maka banyaknya fungsi yang terjadi dari Q ke P adalah
Jika
jawaban benar maka nilainya + 2
b.
Penugasan
terstruktur
1.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(5)!
Dipasangkan dengan 5
2.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentuka nilai dari f(7)!
Dipasangkan dengan 9
3.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 2 oleh fungsi f(x).. Dipasangkan dengan -3
4.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentukan nilai dari f(4)!
Dipasangkan dengan 3
5.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 5, tentuka nilai dari f(6)!
Dipasangkan dengan 7
6.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 4 oleh fungsi f(x).. Dipasangkan dengan 1
7.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x + 5, tentuka nilai dari f(7)!
Dipasangkan dengan 19
8.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai dari f(5)!
Dipasangkan dengan 21
9.
Diketahui
sebuah fungsi f(x) = 2x – 7, tentukan bayangan 3 oleh fungsi f(x).. Dipasangkan dengan -1
10. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(4)!
Dipasangkan dengan 17
11. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(8)!
12. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 2x + 3. Bila nilai f(a) =
17 maka nilai dari a adalah... Dipasangkan
dengan 7
13. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 2, tentukan nilai
dari f(2)!
Dipasangkan dengan 10
14. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 1, tentukan nilai
dari f(-2)!
Dipasangkan dengan -7
15. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 3x – 3. Bila nilai f(a) =
9 maka nilai dari a adalah.... Dipasangkan
dengan 4
16. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 4x + 2, tentukan nilai
dari f(5)!
Dipasangkan dengan 22
17. Diketahui sebuah fungsi f(x) = 2x – 5 . Bila nilai f(a) =
17 maka nilai dari a adalah... Dipasangkan
dengan 11
Penskoran di lihat
dari siswa yang dapat menemukan pasangannya dalam waktu satu menit, pasangan
yang termasuk ke dalam kriteria mendapatkan bintang masing-masing 1.
c.
Tugas
individu (pekerjaan rumah)
1.
Jika diketahui f
(x – 3) = 2x + 5, maka tentuka nilai dari f(4)!
Penyelesaian :
f (x – 3) = 2x + 5
=
2 (x – 3) + 5
=
2x – 6 + 5
=
2x – 1
Fungsinya
menjadi f(x) = 2x – 1
Jadi
f(4) = 2(4) – 1 = 7 Skor 20
2.
Jika f(x) = 3x –
2, maka tentukan rumus dari f(2p + 4) !
Penyelesaian :
f(x) = 3x – 2
f(2p + 4) = 3(2p
+ 4) – 2
= 6p + 12 – 2
= 6p + 10 Skor 20
Total skor =
Cirebon,
Agustus 2016
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Guru Praktikan
Iwan Supriadi, S.Pd Widiawati
NBA. 0812072010
NPM. 113070075
Mengetahui,
Kepala Sekolah
M. Imam Gozali, S.Pd., MM
NBA. 08420195
0 Comments: