Learning Obstacle
|
Situasi
Didaktis
|
Antisipasi
Didaktis
|
1.
Siswa belum dapat memahami konsep pengukuran.
2.
Siswa tidak mengaitkan hasil persamaan linear satu
variabel untuk menentukan jarak sebenarnya.
|
Situasi 1
Diketahui
jarak antara Kota P dan Kota Q pada peta adalah 2 cm dengan skala
|
1.
Siswa diingatkan kembali tentang konsep pengukuran.
2.
Siswa diberikan penjelasan untuk menyimpulkan
hasil akhir yaitu mengaitkan hasil persamaan ke dalam perintah soal yang
disajikan.
|
Siswa
mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan operasi hitung yaitu konsep
perkalian silang.
|
Situasi 2
Sebuah
foto berukuran lebar 8 cm dan tinggi 12 cm akan dibuat bingkai dengan lebar
16 cm. Tentukan faktor skala dan tinggi bingkai foto tersebut.
|
Siswa
diingatkan kembali cara menyelesaikan operasi hitung konsep perkalian silang.
|
1.
Siswa mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan
operasi hitung.
|
Situasi 3
Gambar berskala dari suatu
gedung dengan skala 5 cm mewakili
|
Siswa
diingatkan kembali konsep pembagian bilangan bulat.
|
2.
Siswa tidak mengerjakan soal secara algoritmik
|
Siswa
diingatkan kembali tentang cara menyelesaikan soal cerita secara sistematis.
|
|
Siswa
mengalami kekeliruan dalam menafsirkan soal, yaitu siswa belum dapat memahami
konsep perbandingan senilai.
|
Situasi 4
Jika
harga 4 buah buku tulis adalah
|
Siswa
diingatkan kembali tentang konsep perbandingan senilai.
|
1.
Siswa mengalami
kekeliruan dalam membuat
model matematika dari soal cerita .
|
Situasi 5
Seorang
pemborong memperkirakan dapat menyelesaikan suatu bangunan selama 40 hari
dengan banyak pekerja 48 orang. Setelah 10 hari, pekerjaan terhenti selama 6
hari. Tentukan banyaknya pekerja yang harus ditambah agar pekerjaan selesai
tepat waktu?
|
Siswa
diingatkan kembali dalam merubah soal cerita ke dalam model matematika.
|
2.
Siswa mengalami kekeliruan dalam mengaitkan konsep
persamaan linear satu variabel dengan konsep perbandingan.
|
Siswa
diingatkan kembali cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
|
|
Beberapa
siswa belum dapat memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
|
Situasi 6
Sebuah
kereta api berjalan selama
|
Siswa
diingatkan kembali tentang konsep perbandingan berbalik nilai.
|
TABEL SITUASI DAN ANTISIPASI DIDAKTIS
Tags:
Skripsi
0 Comments: