Tuesday, March 12, 2019

TABEL SITUASI DAN ANTISIPASI DIDAKTIS

Learning Obstacle
Situasi Didaktis
Antisipasi Didaktis
1.      Siswa belum dapat memahami konsep pengukuran.
2.      Siswa tidak mengaitkan hasil persamaan linear satu variabel untuk menentukan jarak sebenarnya.
Situasi 1
Diketahui jarak antara Kota P dan Kota Q pada peta adalah 2 cm dengan skala . Tentukan jarak sebenarnya kedua kota tersebut dalam km!
1.      Siswa diingatkan kembali tentang konsep pengukuran.
2.      Siswa diberikan penjelasan untuk menyimpulkan hasil akhir yaitu mengaitkan hasil persamaan ke dalam perintah soal yang disajikan.
Siswa mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan operasi hitung yaitu konsep perkalian silang.
Situasi 2
Sebuah foto berukuran lebar 8 cm dan tinggi 12 cm akan dibuat bingkai dengan lebar 16 cm. Tentukan faktor skala dan tinggi bingkai foto tersebut.
Siswa diingatkan kembali cara menyelesaikan operasi hitung konsep perkalian silang.
1.      Siswa mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan operasi hitung.

Situasi 3
Gambar berskala dari suatu gedung dengan skala 5 cm mewakili . Tinggi gedung pada gambar 8 cm, tentukanlah tinggi sebenarnya.





Siswa diingatkan kembali konsep pembagian bilangan bulat.
2.      Siswa tidak mengerjakan soal secara algoritmik
Siswa diingatkan kembali tentang cara menyelesaikan soal cerita secara sistematis.
Siswa mengalami kekeliruan dalam menafsirkan soal, yaitu siswa belum dapat memahami konsep perbandingan senilai.
Situasi 4
Jika harga 4 buah buku tulis adalah . Maka, berapakah harga 2 lusin buku tulis itu?

Siswa diingatkan kembali tentang konsep perbandingan senilai.
1.      Siswa mengalami kekeliruan dalam membuat model matematika dari soal cerita .
Situasi 5
Seorang pemborong memperkirakan dapat menyelesaikan suatu bangunan selama 40 hari dengan banyak pekerja 48 orang. Setelah 10 hari, pekerjaan terhenti selama 6 hari. Tentukan banyaknya pekerja yang harus ditambah agar pekerjaan selesai tepat waktu?

Siswa diingatkan kembali dalam merubah soal cerita ke dalam model matematika.
2.      Siswa mengalami kekeliruan dalam mengaitkan konsep persamaan linear satu variabel dengan konsep perbandingan.
Siswa diingatkan kembali cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Beberapa siswa belum dapat memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
Situasi 6
Sebuah kereta api berjalan selama  dengan kecepatan rata-rata . Jika kereta api yang lain dapat menempuh jarak tersebut dalam waktu , tentukan kecepatan rata-ratanya.
Siswa diingatkan kembali tentang konsep perbandingan berbalik nilai.
Previous Post
Next Post

Seorang lulusan sarjana pendidikan yang sekarang menjadi pengajar di salah satu satuan pendidikan dan seorang guru les di salah satu instansi. Serta sekarang mulai mejadi blogger.

0 Comments: